SOSIALISASI EFEKTIVITAS DAUN BENALU KOPI MACROSOLEN COCHINCHINENSIS (LOUR) V.TIEGH SEBAGAI ANTIBAKTERI

Main Article Content

Christica Ilsanna Surbakti
Alfian Rejekinta Munthe
Sondang Purba

Abstract

Antibakteri adalah zat yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan atau membunuh mikroorganisme, yang dapat diklasifikasikan berdasarkan komponen seluler atau sistem yang mempengaruhi. Salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai antibakteri adalah daun Benalu yang ada pada kopi karena mengandung senyawa kimia flavonoid, tanin, alkaloid, terpenoid, dan saponin sehingga memiliki aktivitas sebagai antibakteri. Tujuan pengabdian kepada Masyarakat ini untuk memberikan sosialisasi tentang manfaat daun benalu kopi  sebagai antibakteri. Kesimpulan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah sosialisasi manfaat daun benalu kopi telah terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapatkan sambutan yang baik. Setelah melaksanakan pelatihan ini, para peserta lebih memahami bahwa antibakteri dapat dicegah dengan penggunaan bahan alami seperti daun benalu kopi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adnan, (2017), Laporan Teknis Sub Tolok Ukur Pengembangan Senyawa Potensial antikanker dari Taxus sumatrana dan Benalu Kopi, Puslit Kimia LIPI, Serpong.

Darmawan, A., dan Nila, A. (2019). Aktivitas Antioksidan Dan Bioaktivitas In Vitro Ekstrak Air dan Ekstrak Etanol Daun Dan Ranting Benalu Macrosolen Cochinchinensis (Lour.) van Tiegh. Pada Inang Nangka (Artocarpus Heterophyllus). Pusat Penelitian Kimia-LIPI. Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang, Banten.

Radji, M. (2011), buku ajaran mikrobiologi panduan mahasiswa farmasi dan kedokteran, Jakarta, penerbit Buku kedokteran EGC

Pratiwi , S. T. ( 2018), Mikrobiologi Farmasi , Erlangga, Jakarta : 150-171 Relatiopnship and infectious Risk. Periodontology 2000

Kohanski M.A, Dwyer D.JCollins J.J. (2010), H ow Antibiotics kill Bacteria :from targets to networks. Macmillan Publishers Limited. Nature Reviews Microbiology volume 8. Hal 423 .