BUDIDAYA EKSTRAK BATANG PORANG (AMORPHOPHALLUS MUELLERI BLUME) YANG MENGANDUNG FENOL DAN FLAVONOID SEBAGAI ANTIOKSIDAN

Main Article Content

Grace Anastasia Br Ginting
Arman Bemby Sinaga
Nettietalia Br Brahmana

Abstract

Antioksidan merupakan suatu senyawa yang dapat menghambat radikal bebas yang terikat dan menjadi lebih stabil dimana radikal bebas dapat menyerang DNA sehingga menyebabkan mutasi pada sel dan mencegah  proses penuaan. Tanaman porang merupakan salah satu  tanaman yang mengandung antioksidan karena mengandung senyawa fenol dan flavonoid. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengetahui cara budidaya tanaman porang yang dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk mencegah proses penuaan . Kesimpulan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah  budidaya tanaman porang telah terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapatkan sambutan yang baik. Setelah melakukan pelatihan ini, para peserta lebih memahami bahwa proses penuaan dapat dicegah dengan penggunaan bahan alami seperti  tanaman porang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Chua, M, TC Baldwin, TJ Hocking, and K Chan. (2010). Traditional uses and potential health benefits of Amorphophallus konjac K. Koch ex NE Br. Journal of ethnopharmacology, 128(2), 268-278.

Firman D, Ridhay A (2016). Aktivitas Antioksidan Ekstrak Umbi Suweg (Amorrphophallus campanulatus) dari Berbagai Tingkat Polaritas Pelarut. Kovalen.

Sari, R, and Suhartati. (2015). Tumbuhan porang: prospek budidaya sebagai salah satu sistem agroforestry. Info Teknis EBONI, 12(2), 97– 110.