Pelatihan Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan Toko Nando Perabot Medan

Main Article Content

Renika Hasibuan
Anggi Pratiwi Sitorus

Abstract

 Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan sosialisasi sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman mengenai perpajakan khususnya pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak melalui aplikasi E-Filling pada Toko Nando Perabot Medan . Masalah yang dihadapi adalahToko Nando Perabot Medan secara keseluruhan telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) namun, tetapi masih terkendala masalah tidak tahu dan enggan mengisi dan melaporkan SPT PPh yang telah diterimanya. Objek pengabdian masyarakat ini adalah seluruh karyawan Toko Nando Perabot Medan. Solusi yang diberikan berupa Sosialisasi Penerapan Aplikasi E-Filling Dalam Pengisian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hasil dari kegiatan ini yaitu : (1) Peserta semakin memahami peraturan dan prosedur pengisian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan menggunakan aplikasi E-Filling dan (2) Peserta memahami pengisian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi menggunakan aplikasi e-filling sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alexander, Stanly W., Halim E M, dan Hendrik Gamael.2020. Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik No.5 Pada Hotel Boulevard. Jurnal Riset Akuntansi, 15(3):496-503.

Carl S. Warren, dkk. 2015. Pengantar Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Felisian, dkk. 2019.Penyusunan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi bagi Klinik Pratama Pandu. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 4(1): 30-36

https://accurate.id/akuntansi/pengertian-laporan-keuangan-contoh-dan-fungsinya/

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2018. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Nur, Rezta Alfira Firmadhani. 2017. Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Menengah (SAK-EMKM) Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Studi Kasus pada Konveksi Goods Project bandung. Jurnal Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi UNTAN (KLAFE). 26(2)