Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan LPK Mitra Sauri

Main Article Content

Heri Enjang Syahputra
Rosanna Purba

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu cara dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pengajaran dan penelitian. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakuakan oleh dosen prodi akuntansi merupaka kegiatan pengabdian dengan melalukan pelatihan prosedur penyususnan laporan keuangan LPK Mitra Sauri. LPK Mitra Sauri telah melaksanakan pencatatan akuntansi dan data-data terkait kegiatan operasional, namun masih terdapat beberapa hal yang perlu di perbaiki mengenai prosedur pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Laporan keuangan berbasis SAK EMKM disusun dengan mengunakan bantuan microsoft excel. Dengan bantuan dan formula yang ada di dalam aplikasi tersebut dapat mempermudah untuk menghasilkan laporan keuangan. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah ceramah dan latihan menyusun laporan keuangan. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu mitra dalam menyususn laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Hasil yang dicapai setelah melakukan penyulihan yaitu peserta dapat memahami prosedur penyusunan laporan keuangan dan di butuhkan untuk pendampingan dan pelatihan lebih lanjut supaya lebih memahami implementasi praktik akuntansi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alexsander, stanly W., Halim E M, dan Hendridrik Gamel,2020.2020). Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standart Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik No.5 Pada Hotel Boulevard. Jurnal Riset Akuntansi, 15(3):496-503.

Carl S. Warren, dkk.2015. Pengantar Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI. 2017. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Kieso, Donald.E., Jerry J. Weygandt., dan Terry D.Warfield. 2021. Intermediate Accounting(IFRS edition). Jakarta. Salemba Empat.

Martani, Dwi.,dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Rudianto. 2012.Pengantar Akuntansi (Adaptasi IFRS). Jakarta:Erlangga.

Stice, E.Kay. James D. Stice., dan Fred Skousen. 2011. Intermediate Accounting (edisi keenambelas). Jakarta : Salemba Empat.