PELATIHAN LITERASI KEUANGAN BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN DWIKORA

Main Article Content

Owen De Pinto Simanjuntak
Rosanna Purba

Abstract

Literasi keuangan adalah pengetahuan atau kemampuan untuk mengelola keuangan. Menurut OJK literasi keuangan adalah rangkaian proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan dan keterampilan konsumen dan masyarakat luas sehingga mereka mampu mengelola keuangan dengan baik. Dalam hal keuangan, kecerdasan finansial ini meliputi 4 aspek yaitu bagaimana mendapatkan uang, bagaimana mengelola uang, bagaimana menyimpan uang dan bagaimana menggunakan uang. Dari definisi sederhana ini, kita menjadi tahu bahwa sebagian besar masyarakat masih berkutat pada bagaimana mendapatkan uang, belum memikirkan tiga aspek lainnya. Tujuan dan manfaat dari pengabdian masyarakat ini yaitu memahami dan melakukan literasi keuangan bagi usaha kecil. Kegiatan  pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada UMKM di Kelurahan Dwikora terdapat beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) Kegiatan terlaksana sesuai dengan tujuan dan rencana, (2) Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari UMKM di Kelurahan Dwikora dan (3) Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi peserta

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI. 2017. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Kieso, Donald.E., Jerry J. Weygandt., dan Terry D.Warfield. 2021. Intermediate Accounting(IFRS edition). Jakarta. Salemba Empat.

Martani, Dwi.,dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Rudianto. 2012.Pengantar Akuntansi (Adaptasi IFRS). Jakarta:Erlangga.

Stice, E.Kay. James D. Stice., dan Fred Skousen. 2011. Intermediate Accounting (edisi keenambelas). Jakarta : Salemba Empat.