PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENCATATAN KEUANGAN DAN PENCATATAN PERSEDIAAN PADA SARAGIH MOTOR

Main Article Content

Heri Enjang Syahputra
Owen De Pinto Simanjuntak

Abstract

Bengkel Saragih Motor beralamat di Jalan Setia Budi Medan Tuntungan adalah bisnis keluarga. Akuntansi keuangan saat ini  masih dikelola secara manual, mencatat transaksi keuangan yang masuk dan keluar. Persediaan adalah aset yang  dijual dalam kegiatan bisnis biasa. Selain itu, inventarisasi alat-alat perbengkelan masih dilakukan secara manual sehingga sering timbul masalah karena kekurangan suku cadang, karena sistem akuntansi inventaris masih tradisional sehingga tidak ada pencatatan yang transparan tentang produk apa saja yang dibeli, dijual dan bagaimana caranya. . terjual banyak Meskipun demikian, bengkel tersebut memiliki pelanggan tetap dan  omset  yang cukup baik dari tahun ke tahun, karena sebagian besar pelanggan sudah familiar dengan pekerjaan berkualitas tinggi. Omset harian Saragih Motor rata-rata 1-2 juta euro dan mempekerjakan 6 karyawan. Nirlaba ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat manajemen keuangan dan pengiriman melalui pelatihan dan pendampingan. Metode aplikasi pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan dalam peningkatan akuntansi keuangan dan  persediaan  dengan menggunakan Microsoft Excel dan mengikuti standar akuntansi yang sederhana. Hasil penerapan fitur ini memungkinkan mitra untuk mencatat catatan keuangan dan inventaris menggunakan Microsoft Excel.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Dzikrulloh. (2018). Optimalisasi Bisnis Pondok Pesantren dengan Elektronisasi Sistem Pembayaran Studi kasus Pesantren Nurul Amanah Bangkalan Madura. Wacana Equilibrium : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi, 6(2).

Madcoms. (2015). Merancang dan mengelola website. Penerbit : Andi. Yogyakarta:

Munawir. N., Jafar. B., Aditya H. P. K. (2019). Kegiatan E-Marketing sebagai bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar, Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, http://journal.lldikti9.id/ CER/index. 1(1), April 2019. Pp: 01-08

Priharta, A, Setiyaningsih, T.A, Rahayu, D.P. 2018. Pengantar Akuntansi Berbasis PSAK Terbaru. In Media: Jakarta.

Purwanto, A., Maricar, M. A., Sukerti, N. K., & Nugroho, A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Pembukuan Keuangan dan Pembuatan Website Bengkel Waras Motor Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 13-17.

Sasongko, C., Setyaningrum, A., Fabriana, A., Hanum, A.N., Pratiwi, A.D., Zuryati, V. (2016). Akuntansi Suatu Pengantar Berbasis PSAK. Buku 1. Salemba Empat : Jakarta.

Suharti. dan Fong. (2018). Analisis Akuntansi Persediaan Barang Dagang pada Toko Cerose Home Pekanbaru. Bilancia. 2(2).

Widjajanti, K., Widyaevan, D. A., & Sugiyanto, E. K. (2019). Peningkatan Manajemen Usaha Dan Model Desain Kerajinan Bubut Kayu Di Blora. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Warongan, M. S. J., Ilat, V., & Gerungai, N. (2018). Analisis Rasio Arus Kas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(02).

Yuli. Y. (2018). 40 Manfaat Internet Dalam Berbagai Bidang, https:// manfaat.co.id/40-