Edukasi Teman Sebaya Dalam Peningkatan Breastfeeding Self Efficacy (BSE) Di Klinik Lmt Siregar
Main Article Content
Abstract
Manfaat pemberian ASI ekslusif dapat mencegah kematian anak balita dengan memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan. Besarnya manfaat ASI ekslusif tidak sesuai dengan angka keberhasilan ASI ekslusif secara nasional. Edukasi juga dapat diberikan oleh teman sebaya metode peer education berupa sharing yang mendalam sehingga ibu menyerap informasi dengan baik. Peer education dapat meningkatkan breastfeeding self efficacy (BSE) dan motivasi ibu dalam pemberian ASI. Kegiatan pengabdian masyarakat ini yang bertujuan untuk peningkatan BSE. Pengabdian masyarakat ini melibatakan mahasiswa dan dosen, sasaran 29 orang ibu hamil di Klinik LMT Siregar dengan 2 teman sebaya (peer education). Kegiatan dilakukan melalui penyuluhan dan demonstrasi, dan kelompok diskusi teman sebaya yang seluruhnya. Hasil kegiatan diperoleh adanya peningkatan BSE. Rekomendasi setelah kegiatan ini adalah semakin memberdayakan teman sebaya (peer educator) dalam pendidikan kesehatan, penyuluhan secara berkesinambungan hingga terjadi perubahan perilaku yang lebih baik.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Angio, M. C. (2019a). Pengaruh Peer Education Terhadap Self Efficacy Dan Motivasi Pada Ibu Menyusui Dalam Pemberian ASI. Jurnal ilmu keperawatan komunitas, 2(1). Https://doi.org/10.32584/jikk.v2i1.302
Angio, m. C. (2019b). Pengaruh Peer Education Terhadap Self Efficacy Dan Motivasi Pada Ibu Menyusui Dalam Pemberian ASI. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 2(1), 26. https://doi.org/10.32584/jikk.v2i1.302
J. Aritonang, “Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Pentabio Lanjutan Setelah Pemberian Pendidikan Kesehatan Di Puskesmas Lampaseh Aceh,” J. Ris. Kesehat. Nas., Vol. 2, No. 2, Pp. 1–6, Nov. 2018
Kementerian PPN/Bappenas. (2019). Pembangunan Gizi Di Indonesia. Firektorat Gizi dan Kesehatan Masyarakat.
Mayasari, S. I., & Jayanti, N. D. (2019). Pembentukan Srikandi ASI Kelompok Pendukung ASI Eksklusif (KP-ASI) dalam Gerakan Gemar ASI Eksklusif Melalui Kader Posyandu di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.33366/japi.v4i1.1154
Purnama, J. AL, Mulyono, S., Herlinah, L., Studi Ilmu Keperawatan, P., Muhammadiyah Sidrap, S., & Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Muhammadiyah Jakarta, P. (2020). Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif Melalui Dukungan Keluarga Dan Self Efficacy. JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH, 9(02).
R. Rusdiana And I. Maria, “Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan Kehamilan Pada Kelas Ibu Hamil,” J. Keperawatan Suaka Insa., Vol. 5, No. 1, 2020, Doi: 10.51143/Jksi.V5i1.227
Salamah, U., & Prasetya, H. H. (2019a). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kegagalan Ibu Dalam Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Kebidanan Malahayatu, 5(3), 199–204.
Salamah, U., & Prasetya, P. H. (2019b). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kegagalan Ibu Dalam Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Kebidanan Malahayati, 5(3), 199–204. https://doi.org/10.33024/jkm.v5i3.1418
Wardhani, R. K., Dinastiti, V. B., & Fauziyah, N. (2021). Pendidikan Kesehatan Untuk Meningkatkan Asi Eksklusif. Journal of Community Engagement in Health, 4(1).
Widiastuti, Y. P., & Ramayanti, E. D. (2022). Tingkat pengetahuan ibu menyusui berpengaruh terhadap upaya untuk meningkatkan produksi ASI selama pandemi COVID 19. NURSCOPE: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 7(2), 97. https://doi.org/10.30659/nurscope.7.2.97-106