Edukasi Self Management Penggunaan Gedget Pada Anak Sekolah

Main Article Content

Edriyani Yonlafado Simanjuntak
Novita Aryani

Abstract

Jaman sekarang ini telah memanfaatkan teknologi sebagai media dalam komunikasi dan media interaksi antar individu. Teknologi sangat diperlukan saat ini sebagai alat untuk melakukan aktivitas baik dalam berkomunikasi, interaksi bahkan sebagai media pembelajaran. Teknologi tersebut memberikan perubahan besar pada kehidupan manusia terlebih pada masa pandemi Covid 19. Terdapat dampat positif dan negatif dari penggunaan gadget. Dampak negatif menjadi sorotan besar bagi siswa atau remaja karena menyebabkan kecanduan akan gadget. Edukasi self manajement penggunaan gadget memberikan pemahaman baru bagi mereka sehingga mereka dapat mengatur diri dalam menggunakan gadget yang diikuti 35 siswa. Hasil penilaian pemahaman menunjukkan perubahan nilai sebelum edukasi ke sesudah edukasi. Hal ini menunjukkan pentingnya edukasi untuk menggubah pemahaman siswa tentang self management penggunaan gadget. Kegiatan edukasi berjalan dengan lancar dan para peserta mengikuti dengan gembira dan antusias.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aswar, A., & Erviana, E. (2020). Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di SMA Negeri 2 Majene. Journal of Islamic Nursing, 5(2), 95-100.

Khoirudin Jalil, M. (2022). Efektivitas teknik self management dalam menangani anak tempramental akibat kecanduan game online di desa Karang kecamatan Semanding kabupaten Tuban (Doctoral dissertation, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208-213.

Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal 1 (1), 135-142.

Santika, L. (2019). Efektifitas Teknik Self Management Dalam Menangani Kecanduan Game Online Remaja di Desa Patoloan Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Saruji, M. A. M., Hassan, N. H., & Drus, S. M. (2017, April). Impact of ICT and electronic gadget among young children in education: A conceptual model. In Proceedings of the 6th International Conference on Computing & Informatics (Vol. 165).

Situmorang, E.L, dkk (2021). Edukasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial, Emosional Pada Anak Usia Dini. Realcoster: Real Community Service Center Journal 4 (1), 1-12.

Sugiono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, S., & Dianto, M. (2018). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 65-73

Viviyanti, N. K. (2019). Pengaruh Self Control, Leisure Boredom Dan Smartphone Usage Terhadap Kecanduan Smartphone Pada Remaja. (Bachelor's thesis, http://repository. uinjkt. ac. id/dspace/submit).