Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Steam Bagi Guru Paud TK Bunda Pertiwi Medan

Main Article Content

Rahmi Wardah Ningsih
Niken Farida

Abstract

STEAM adalah sebuah pendekatan atau model pembelajaran yang memadukan lima disiplin ilmu untuk saling melengkapi dan sebagai dasar dari pengetahuan anak. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan media pembelajaran STEAM untuk Guru PAUD sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional. Objel pengabdian masyarakat ini adalah guru TK Bunda Pertiwi Medan. Hasil pengabdian masyarakat berupa data tentang kendala yang dihadapi Guru PAUD tentang materi STEAM diantaramya kurangnya dukungan dari sekolah, ketersediaan alat dan bahan sebagai penunjang pembuatan media STEAM, serta minimnya pengetahuan serta wawasan Guru mengenai STEAM,dan data peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru di TK Bunda Pertiwi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Engkoswara. (1979). Alat Peraga dan Komunkasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bunda Karya

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Pengajaran, Mengenal, dan Mempraktikkan.

Yogyakarta : DIVA Pers.

Mansur, dkk. (1989). Metodologi Pengajaran Agama, cet. II, Jakarta : CV. Forum

Sadiman, Arief S. dkk (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan,

Pemanfaatnya. Jakarta : Rajawali Pres.

Sudjana, dkk. (2005). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.

Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar, Teori dan Praktik. Jakarta : Depdiknas

Dirjend. Dikti Direktorat Ketenagaan.

Anita Yus, 2012. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Asmawati L, 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD, Bandung. Remaja Rosdakarya

Asnawir, Usman, 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo

Bligh, A. (2015) Towards a 10-year plan for science, technology, engineering and mathematics

(STEM) education and skills in Queensland

Danah Henriksen. (2008). Full STEAM Ahead: Creativity in Excellent STEM Teaching

Practices. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Euis Karwati, 2014. Manajemen Kelas. Classroom Management. Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi, Bandung: Alfabeta

Fadlillah dkk, 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Gonzalez, H.B. & Kuenzi, J. J. (2012). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service

Hamalik Oemar, (2004). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hibama S Rahman. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yokyakatya, Galah.

Hariwijaya (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta : Tugu Publisher.