UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS SARI MUTIARA MEDAN

Main Article Content

Dwi Nursiti
Laksana Tobing
Sinarsi

Abstract

Kecemasan muncul ketika individu dihadapkan pada situasi tertentu yang mengancam dirinya sendiri. Kecemasan itu muncul dari anggapan karena tidak yakin dengan kompetensi yang dimiliki menjadi salah satu faktor penyebab munculnya rasa takut dan khawatir pada mahasiswa terhadap kemungkinan mendapat pekerjaan yang menimbulkan rasa tidak percaya diri. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini memberikan upaya meningkatkan kepercayaan diri dalam dunia kerja pada mahasiswa Farmasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Metode pengabdian masyarakat ini dengan upaya meningkatkan kepercayaan diri dalam dunia kerja pada mahasiswa Farmasi dalam bentuk ceramah dan tanya jawab serta menonton film pendek yang berkaitan dengan rasa percaya diri. Hasil Pengabdian Masyarakat ini adalah menambah pengetahuan para mahasiswa  tentang kepercayaan diri, bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri, dan bentuk bentuk kepercayaan diri. Diharapkan setelah dilakukan penyuluhan kepada Mahasiswa Farmasi di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan ini Kepercayaan diri dapat bertambah dan pengetahuan semakin meningkat.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik. (2020). Agustus 2020: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 7,07 persen. Dipetik April 15, 2021, dari Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/11/05/1673/agustus 2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-7-07-persen.html

Badan Pusat Statistik. (2021). Februari 2021: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 6,26 persen. Dipetik Agustus10, 2021, dari Badan Pusat Statistik:https://www.bps.go.id/publication/2021/02/26/938316574c78772f2 7e9b477/statistik-indonesia-2021.html

Darajat. (2007). Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung Tbk.

Davies (2004) Meningkatkan Rasa Percaya Diri.Jakarta : Purwasuara

Direra, S. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hakim (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

https://danacita.co.id/blog/cara-meningkatkan-rasa-percaya-diri/

Kristanto H.P, d. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Dalam Menyusun Proposal Skripsi. Universitas Kristen satya wacana. Jakarta, Tes kepercayaan diri. Bumi Aksara, Tes kepercayaan diri. Bumi Aksara.

Nugroho, T. (2010). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan KecemasanDalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma yogyakarta.

Nia S., (2017). Hubungan Harga Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Persaingan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Kota Semarang.

Sari, D. (2013). Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Ditinjau Dari Konsep Diri Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Universitas Diponegoro.