PENINGKATAN PENGETAHUAN AKAN KEMAMPUAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA DI SMK PANCA ABADI BANGSAKU

Main Article Content

Sinarsi Meliala
Sri Ramadhani
Laksana Tobing

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang mengenali dan mengontrol emosi diri, sehingga berdampak positif ketika mengikuti pembelajaran. Siswa yang memiliki kecerdasan  emosional yang baik tidak akan mudah putus asa jika menghadapi kesulitan dalam belajar. karena siswa tersebut terampil untuk mendorong dirinya supaya menuju masa depan. Perkembangan emosi yang ditunjukkan dengan sikap kecewa, benci apabila hanya dibiarkan begitu saja akan berpengaruh terhadap kesehatan kepribadian remaja, terutama siswa menjadi tidak mampu dalam mengolah kecerdasan emosinya. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya partisipasi dari keluarga, masyarakat, dan lingkungan pendidikan. Kemampuan emosional disebut sebagai kecerdasan intrapersonal ditandai dengan kemampuan memahami perasaan sendiri dan kemampuan membedakan emosi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para siswa dalam menyikapi dan memahami tentang pentingnya peningkatan kemampuan kecerdasan emosional di SMK PANCA ABADI BANGSAKU.  Metode pengabdian masyarakat ini dengan edukasi dalam bentuk ceramah dan Tanya jawab serta menonton video meningkatkan kecerdasan pada siswa. Hasil Pengabdian masyarakat ini adalah menambah pengetahuan para siswa/siswi untuk lebih mengerti, memahami bentuk-bentuk kecerdasan emosional dan faktor yang melatarbelakangi serta melakukan peningkatan kecerdasan emosional pada siswa. Diharapkan setelah dilakukan edukasi peningkatan kecerdasan emosional siswa/siswi di SMK PANCA ABADI BANGSAKU pengetahuannya semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2011. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Goleman, Daniel. 2000. Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Alih Bahasa: T. ermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel.2001. Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi (terjemahkan oleh Widodo). Jakarta: PT. Gramedia

Nurita, Meta. 2012. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta Selatan. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

http://www.simki.unp-kediri.ac.id.Diakses pada tanggal 24 November 2016. Pkl. 23.12 Wib. Hubungan Kecerdasan Dengan interaksi Sosial Siswa Kelas X di SMAK St. Augustinus Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, FKIP Universitas PGRI UNP Kendiri, 2015.

Wiwi Juwita dkk (2020), Gambaran Kecerdasan Emosional Siswa Di SMK Muhammadiyah 3 Kadungora Vol. 3, No. 6, November 2020

Surbakti, T. A. V. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Reformasi Perpajakan Terhadap Penghindaran Pajak. Skripsi.