EDUKASI DAN PENANGGULANGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS FARMASI DAN ILMU KESEHATAN DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MEDAN

Main Article Content

Dwi Nursiti
Siska Dwi Ningsih
Laksana Tobing

Abstract

Kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa memberikan dampak negatif. Dampak fisik yang dialami seperti menyebabkan jantung meningkat, jantung berdebar dan nyeri dada hingga dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi, mengalami masalah tidur dan penyakit jantung. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para mahasiswa dalam menyikapi dan memahami tentang pentingnya edukasi penanggulangan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Metode pengabdian masyarakat ini dengan edukasi penanggulangan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada Mahasiswa tingkat akhir Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab dalam pencegahan kecemasan. Hasil Pengabdian masyarakat ini adalah menambah pengetahuan para mahasiswa untuk lebih mengerti, memahami bentuk-bentuk kecemasan, dan faktor yang melatarbelakangi serta melakukan pencegahan untuk menghindari kecemasan. Diharapkan setelah dilakukan edukasi pencegahan kecemasan ini para Mahasiswa tingkat akhir Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan pengetahuannya semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anoraga Pandji. (1992). Psikologi Kerja. Jakarta : PT Rineka Cipta .

Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bulkhaini, D. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi SBMPTN. 1-13.

Chaplin. James. P. (2015). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fauziyah Faradina Khoirunnisa, Ariati Jati (2015). Jurnal Empati. Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kecemasan dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa S1 Tingkat Akhir, Vol. 4(4),255-261.

Fausiah Fitri & Widury Julianti, (2006). Psikologi Abnormal, Klinis Dewasa. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Ghufron, M.Nur, & S, Risnawati, Rini. (2016). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

https://googlewebligh.com/i?u=https://www.masukuniversitas.com/mahasiswa/&hl=id-ID (diakses pada tanggal 17 April 2018).

http://www.pengertianku.net/2014/11/kenali-pengertian-mahasiswa-dan-menurut-para-ahli.html (diakses pada tanggal 15 Juni 2018).

Kusumastuti, K, Retno,. & Andrianto, Sonny. (2006). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Menjelang Batas Akhir Masa Studi Pada Mahasiswa UII. 1-31.

Sekarina , P, D. & Indriana, Y. (2016) .Jurnal Empati, Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Siswa Kelas XII SMK Yudya Karya Magelang. Volume 7 (Nomor 1), Hal 381-386.

Sukmasari, Direra (2016). Skripsi, Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Tim Pustaka Phoenix. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Pustaka.

Yunita, Ernia. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta : Jurnal, Surakarta : Universita Muhammadiyah Surakarta.

Wicaksono, Risky Daniel. (2016) Hubungan Antar Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Siswa SMK : Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.