Peningkatan Pemahaman Perawat Dalam Mengoptimalkan Kesehatan Dan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit (K3RS)

Main Article Content

Adventy Riang Bevy Gulo
Eva Kartika Hasibuan
Masri Saragih

Abstract

Kinerja perawat merupakan produktivitas perawat dalam memberikan asuhan keperawatan sesuai wewenang dan tanggung jawab yang dapat diukur secara kualitas dan kuantitas. Kesehatan dan keselamatan kerja sangat penting diterapkan khususnya pada perusahaan yang berhubungan langsung dengan bidang produksi agar karyawannya merasa aman, nyaman, sehat dan selamat dalam melakukan pekerjaan mereka, sehingga produktivitas kerja dapat tercapai  secara optimal.  Menurut survey awal tim pengabdian, kami melihat bahwa pengetahuan perawat tenang K3RS masih kurang, hal ini ditandai tingkat pengetahuan sebelum dilakukan sosialisasi pada perawat didapatkan hasil 60%, hal ini menjadi permasalahan mitra, sehingga pentingnya diadakan sosialisasi (penyampaian materi) dan pelatihan K3RS. Tujuan Pengabdian ini agar pengetahuan dan aplikasi K3RS pada perawat dapat dilakukan sesuai SOP. Pengabdian ini dilakukan di ruang rawat inap RSU Sari Mutiara Lubuk Pakam. Metode pengabdian ini dilakukan dengan metode sosialisasi (penyampaian materi) dan pelatihan, serta diskusi dan tanya jawab. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian ini setelah dilakukan sosialisasi dan praktek menunjukkan 85 % perawat paham terkait penjelasan materi tentang K3RS dan 95% perawat dapat mempraktekkan K3RS. Saran bagi manajemen RSU Sari Mutiara Lubuk Pakam agar dapat mengevaluasi secara rutin pelaksanaan K3RS.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Firmansyah, I., Yulianti, D., & Sela, R. B. (2017, November 2). Strategi Meningkatkan Komitmen Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit X Tahun 2017. Jurnal Kesehatan, 10(2), 4-5.

Jhon Rudley. (2020). Ikhtiar Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Edisi Ketiga. PT. Gelora Aksara Pratama. Penerbit Erlangga.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Standar Alat Pelindung Diri (APD) dalam Manajemen Penanganan Covid 19. Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Maratul Mukaromah. (2020). Wabah Corona Mencemaskan Indonesia. Semarang: UIN Walisongo.

Nazirah, R., & Yuswardi. (2017). Perilaku Perawat dalam Penerapan Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3).

Nurhidayanti, D. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kepuasan Kerja Perawat. JOM FISIP, 4(1), 3-6.

Sriningsih, N., & Marlina, E. (2020). Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Pada Petugas Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 9(1).

WHO .(2020). Corona Virus Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),www.who.int