SOSIALISASI DALAM PENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA PRODI S1 FARMASI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MEDAN

Main Article Content

Sri Ramadhani
Laksana Tobing
indo Mora

Abstract

Masalah mahasiswa dalam mempertahankan motivasi, membagi waktu belajar dan bermain, tidak memiliki tujuan, tidak mampu mengatasi tekanan dosen, kemalasan, dan faktor lain seperti lingkungan keluarga dapat menjadi kendala dalam mencapai IPK. IPK, di sisi lain, penting karena dapat berfungsi sebagai kesan pertama dan peran kunci dalam mengamankan pekerjaan. Akibatnya, selain memiliki kecerdasan akademik, siswa juga harus mampu mengatasi tantangan, memahami emosi, dan mengatur emosi mereka untuk sepenuhnya memanfaatkan bakat belajar mereka. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para mahasiswa/mahasiswi dalam menyikapi dan memahami tentang pentingnya edukasi Kecerdasan Emosional Pada Mahasiswa Prodi S1 Farmasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Metode pengabdian masyarakat ini dengan edukasi Peningkatkan Pengetahuan Tentang Kecerdasan Emosional Pada Mahasiswa Prodi S1 Farmasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan dalam bentuk ceramah dan Tanya jawab serta menampilkan gambar-gambar kecerdasan emosional. Hasil Pengabdian masyarakat ini adalah menambah pengetahuan para mahasiswa/mahasiswi untuk lebih mengerti, memahami bentuk-bentuk kecerdasan emosional, dan faktor yang melatarbelakangi kecerdasan emosional. Diharapkan setelah dilakukan edukasi Kecerdasan Emosional Pada Mahasiswa Prodi S1 Farmasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan pengetahuannya semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agus Efendi. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta, 2005.

Basuki, Kecerdasan Emosional; Esensi dan Urgensinya dalam Pembinaan Perilaku,

Jurnal Cendekia.Vol. 5.No. 1, 2007.

Iskandar. Psikologi Pendidikan, (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Referensi, 2012.

Khoirunnisa, S, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional Siswa di SMA Martia Bhakti Bekasi. Skrisi Sarjana, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2013.

Istiqomah. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi

Belajar Pada Siswa MTs Sunan Kalijogo Karang Besuki Malang. Skripsi

Juliono, S.(2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional TerhadapTingkatPemahaman

Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, Vol. 2, No.2, Desember 2013.

Susriyati, Dwi. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar

Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Semarang. Skripsi 2016.

https://sumbarprov.go.id/home/news/9233-pentingnyakecerdasanemosional.html

Thaib, Eva Nauli. (2013) Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan

Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. XIII,