SOSIALISASI DAN PENANGGULANGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FARMASI USM INDONESIA

Main Article Content

Indo Mora
Sinarsi
Laksana Tobing

Abstract

Stres akademik adalah kondisi ketika individu memberikan reaksi dalam bentuk perilaku atau emosi yang bersifat negatif yang muncul akibat adanya tuntutan akademik atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Stres akademik biasanya disebabkan karena penilaian seseorang tentang keberhasilan dirinya dalam bidang akademik, atau kekhawatiran akan hasil yang akan ia peroleh, terutama kemungkinan untuk gagal secara akademik. Bagi yang mengalami stres perlu adanya pendampingan dan pelayanan bimbingan atau konseling. Oleh karena itu, selain orang tua, peran guru bimbingan konseling sangat penting . Selama menjalani pendidikan, prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur penguasaan kompetensi mahasiswa di bidang ilmunya. Dalam hidup pasti akan mengalami suatu fenomena dalam keseharianya berupa tuntutan terhadap sesuatu hal yang harus dipenuhi. Bagi sebagian orang tuntutan tersebut terkadang menjadi suatu tekanan yang menimbulkan stress. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para mahasiswa dalam menyikapi dan memahami tentang sosialisasi penanggulangan stress akademik pada mahasiswa Farmasi di Universitas Sari Mutiara. Metode pengabdian masyarakat ini dengan sosialisasi pada penanggulangan stres akademik, dalam bentuk ceramah dan Tanya jawab serta menonton video penanggulangan stress akademik. Hasil Pengabdian masyarakat ini adalah menambah pengetahuan para mahasiswa untuk lebih mengerti, memahami bentuk-bentuk perilaku stress akademik dan faktor yang melatarbelakangi serta melakukan penanggulangan untuk menghindari perilaku yang mengakibatkan stres. Diharapkan setelah dilakukan penanggulangan stress akademik ini para mahasiswa pengetahuannya semakin meningkat.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 5(1), 40-47.

Augesti, G., Lisiswanti, R., Saputra, O., & Nisa, K. (2015). Perbedaan tingkat stres antara mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. J majority, 50-56.

BAITI, E. N. (2018). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT STRESS PADA REMAJA DI SMK N 1 JOGONALAN (Doctoral

dissertation, STIKES Muhammadiyah Klaten).

Donsu, J. D., Hadjam, M. N. R., Asdie, A. H., & Hidayat, R. (2014). Peran faktor- faktor psikologis terhadap depresi pada pasien diabetes mellitus tipe

.

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self disclosure dan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115-130.

Kurnia, R. T. R., Putri, A. M., & Fitriani, D. (2019). Dukungan sosial dan tingkat stres orang tua yang memiliki anak retardasi mental. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(2), 28-34.

Mandala, N. E. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Marni, E., & RL, I. (2021). Gambaran psikologis (stres) perawat dalam merawat pasien covid-19. J Keperawatan Abdurrab, 5(1), 17-23.

NURYATI, I. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Stress Pada Wanita Pasca Melahirkan Anak Pertama (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Shekhar, S. (2019). Lecture-02: Bisection method and its application.

Seppo, M. D. A. (2020). Hubungan Antara Tingkat Stress Dengan Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Simbolon, I. (2015). Reaksi stres akademis mahasiswa keperawatan dengan sistem belajar blok di fakultas keperawatan x bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(01), 29-37.