SOSIALISASI DAMPAK TERLAMBATNYA PENYELESAIAN STUDI PADA MAHASISWA FARMASI DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MEDAN

Main Article Content

Indo Mora
Dwi Nursiti
Laksana Tobing

Abstract

Terlambatnya penyelesaian studi pada mahasiswa memberikan dampak negatif, dampak pada mahasiswa sendiri seperti cemas, sedih, dan akan menimbulkan sikap membanding-bandingkan diri dengan orang lain, dampak negatif lainnya seperti tuntutan keluarga yang membuat seorang mahasiswa harus menyelesaikan studi tepat waktu. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para mahasiswa dalam menyikapi dan memahami tentang dampak terlambatnya penyelesaian studi pada mahasiswa Farmasi di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Metode pengabdian masyarakat ini dengan sosialisasi pada dampak terlambatnya penyelesaian studi pada mahasiswa farmasi di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah menambah pengetahuan para mahasiswa untuk lebih mengerti, memahami dampak-dampak dan faktor yang melatarbelakangi serta melakukan pencegahan dan pengurangan terlambatnya penyelesaian studi pada mahasiswa farmasi di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan pengetahuannya semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Badru Zaman, dkk. 2007. edia dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta : Raja Grafindo.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hamalik, Oemar, 2004, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Ibnu Siswanto dan Yoga Guntur Sampurno. 2012. FAKTOR- FAKTOR PENGHAMBAT PENYELESAIAN TUGAS AKHIR SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY. Universitas negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Irham, Muhammad dan Novan Ardy. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Mutmainah, Siti. 2011. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat pada Mahasiswa Terhadap Efektivitas PembelajaranAkuntans Keprilakuan”. Simposium Nasional Akuntansi

Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008

Romney, Marshall B., dan Steinbart,. Paul J. (2006) Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Sembilan, Buku Satu, Diterjemahkan: Deny Armos Kwary dan Dewi Fitriasari. Salemba Empat, Jakarta.

Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Sugihartono, dkk. (2012) . Psikologi Pendidikan . Yogyakarta: UNY Press.