VCT Mobile dan Test Rapid HIV Dalam Pendeteksian Dini Virus HIV Mobile VCT and HIV Rapid Test for Early Detection of the HIV Virus

Main Article Content

Janno Sinaga
Siska Evi Martina
Rumondang Gultom
Taruli Rohana Sinaga
Awidiyah
Tiur Y.M Gultom

Abstract

HIV/AIDS merupakan  penyakit yang ditularkan melalui perilaku, antara lain perilaku berhubungan seks berganti – ganti pasangan, penggunaan jarum suntik  yang sudah terinfeksi secara bergantian, transfusi darah yang mengandung HIV, penularan dari ibu hamil pada janin yang dikandungya melalui cairan ASI ketika menyusui bayinya dan melalui alat tato ataupun tindik telinga yang tercemar HIV dan digunakan secara bergantian.Berbagai upaya telah dilakukan, salah satu upaya untuk mengetahui status seseorang sudah terinfeksi HIV atau belum melalui yaitu dengan deteksi dini atau Tes/Pemeriksaan dan Konseling HIV (TKHIV). Tujuan umum : mempromosikan perubahan perilaku yang dapat mengurangi resiko penyebaran infeksi HIV ; Khusus : Menurunkan jumlah ODHA, Mempercepat diagnosa HIV, Meningkatkan Penggunaan layanan kesehatan dan mencegah infeksi lain, Meningkatkan perilaku hidup sehat. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian gabungan yaitu  metode penelitian dengan mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif dan  berupa wawancara dengan informan. Jumlah informan dalam penelitian ini  adalah sebanyak  25 orang informan yang terdiri dari 6 orang informan pelaksana. 19  orang informan klien dari luar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

World Health Organization (2021). Fact Sheets. HIV/AIDS.

Centers for Disease Control and Prevention (2020). HIV Basics. About HIV.

Kementerian Kesehatan RI (2020). InfoDATIN. HIV dan AIDS 2020.

Kemenkes RI. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (2019). Laporan Perkembangan HIV-AIDS & Penyakit Infeksi Menular Seksual (PIMS) Triwulan 4 Tahun 2019.

National Health Services UK (2021). Health A to Z. HIV and AIDS.

U.S. Department of Health & Human Services (2020). HIV Basics. What Are HIV and AIDS?

Mayo Clinic (2020). Diseases & Conditions. HIV/AIDS.

Ellis, R.R. WebMD (2020). Types and Strain of HIV.

Pietrangelo, Ann. Healthline (2021). A Comprehensive Guide to HIV and AIDS.

https://pkbi-diy.info/voluntary-counseling-and-testing-vct/

Norjanah. (2014). Jenis-Jenis Penelitian