Pelatihan Public Speaking Yang Baik Dan Benar Bagi Mahasiswa Yang Dilaksanakan Di Universitas Sari Mutiara Indonesia

Main Article Content

Evi Enitari Napitupulu
Noyanta Luga
Nurhawati Simamora

Abstract

Mahasiswa  membutuhkan upaya besar untuk membangun kepercayaan diri untuk berbicara di depan orang lain. Kekhawatiran, ketakutan, rasa malu, ketidakpercayaan diri, dan ketidaknyamanan adalah beberapa faktor yang mempengaruhi mahasiswa. Namun, tidak ada jalan pintas untuk mendapatkan sukses  Mahasiswa juga membutuhkan upaya berkelanjutan untuk mempertajam mereka dalam kemampuan berkomunikasi di hadapan audiens dan untuk melatih komunikasi verbal mereka. Tidak banyak orang yang tahu bahwa berbicara di depan umum memiliki kekuatan untuk memecahkan banyak masalah serta salah satu fungsi publik yang paling dibutuhkan. Di sisi lain, Jika kita memiliki kemampuan yang baik dalam berbicara di depan umum, kita dapat memiliki kemampuan unggul dari kebanyakan orang lainnya. Disinilah fungsi pelatihan ini berguna bagi mahasiswa untuk mempersiapkan dan membekali mereka agar dapat unggul dalam berkomunikasi secara publik dan dalam karir mereka mendatang. Menurut David Zarefsky Public speaking merupakan bentuk komunikasi berkelanjutan, melalui pesan maupun melalui lambang dengan cara interaksi dengan pembicara dan audience. Dari pengertian David Zarefsky maka dapat disimpulkan pengertian dari Public Speaking tersebut merupakan keterampilan dan kemampuan dalam berbicara di depan banyak orang. Orang tersebut bisa menjelaskan atau mempresentasikan sesuatu agar lebih mudah dipahami oleh pendengar. Program Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini akan dilaksanakan dengan menggunakan Metode Deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui Dokumentasi dari pelatihan public speaking dari para mahasiswa. Adapun juga kami selaku panitia pelatihan akan melakukan pembekalan materi tentang public speaking. Setelah itu dilakukan pembagian kelompok public speaking, menyusun acara dan sekaligus praktik untuk menjadi pembawa acara dalam acara tersebut. Selanjutnya kami akan melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pelatihan terkait dengan pendampingan public speaking.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bahar, P. (2010). Seni Pidato. Tangerang: Sushinebooks.

Littlejohn, W, S., & Foss., K. A. (2009). Teori Komunikasi – Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Sirait, Bonar Charles. 2008. The Power of Public Speaking: Kiat Sukses Berbicara di Depan Publik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Zainal, Anna Gustina. 2021. Public Speaking : Cerdas Saat Berbicara Di Depan Umum. Purbalingga: Eureka Media Aksara

Ahdar, et.al. 2019. Public Speaking. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press

Mufianti, Restu,et.al. 2017. Can I Be A Public Speaker? Get Ready For Speech 2nd Edition Book. Ponorogo: CV. Nata Karya