PENINGKATAN PENGETAHUAN AKAN RESILENSI PADA ORANGTUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI PEMBINA MEDAN

Main Article Content

Siska Dwi Ningsih
Dwi Nursiti

Abstract

Resiliensi  adalah kemampuan seseorang untuk dapat bertahan dan tidak menyerah pada keadaan-keadaan yang sulit dalam hidupnya, serta berusaha untuk belajar dan beradaptasi dengan keadaan tersebut dan kemudian bangkit dari keadaan tersebut dan menjadi lebih baik. Kebanyakan orangtua mengalami shock bercampur perasaan sedih, khawatir, cemas, takut dan marah ketika pertama kali mendengar diagnosis bahwa anaknya mengalami gangguan autism. Seorang ibu yang memiliki anak dengan Berkebutuhan Khusus (autism) berarti ada dalam situasi yang sulit karena ibu pada umumnya berharap  memiliki  buah  hati yang normal baik secara fisik dan psikis. Metode pengabdian masyarakat ini dengan Peningkatan Pengetahuan Akan Resiliensi Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus dalam bentuk edukasi dan Tanya jawab. Hasil pengabdian masyarakat ini untuk menambah pengetahuan para orang tua untuk lebihh mengerti, memahami tentang resiliensi. Metode ini dilakukan dengan cara mengedukasi para orang tua. Diharapkan setelah dilakukan peningkatan pengetahuan ini, para orang tua di SLB Negeri Pembina Medan Pengetahuannya semakin meningkat.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Nasution, M. S. (2011). RESILIENSI: DAYA PEGAS MENGHADAPI TRAUMA KEHIDUPAN “Kehidupan yang penuh penderitaan tidak akan mengganggu produktifitas dan kesejahteraan apabila seseorang memiliki resiliensi”. Medan: USU Press.

Noor Amalia, Fariskhaand, Drs. SolehAmini, M.Si. (2015) Hubungan Antara Konsep Dirii Dengan Resiliens iRemaja Pada Keluarga Orang Tua Tunggal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Reivich dan Shatte. (2002). Psychosocial Resilience. American Journal of Orthopsychiatry, 57, 316. doi:10.1111/j. 1939-0025.1987.tb03541.x

Semiawan dan Mangunson. 2010. Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: kencana.

Sianturi, V. (2019). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Teknik Di Universitas Hkbp Nommensen Medan. Universitas Hkbp Nommensen.