Pelatihan Pembelajaran Biokimia Dengan Aplikasi Pada Siswa/i Kelas XII SMA Di Lembaga OSCI Medan

Main Article Content

Eka Margaret Sinaga
Maniur Arianto Siahaan
Mahyudi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang penggunaan teknologi augmented reality. Metode pelatihan ini juga bertujuan memberikan motivasi kepada siswa/I untuk berfikir kritis tentang penggunaan teknologi augmented reality dalam proses belajar. Diskusi ini digunakan sebagai media komunikasi saat pelatihan berlangsung sehingga muncul komunikasi dua arah antara pemateri dan siswa/i. Setelah informasi tersampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan instalasi aplikasi dengan bantuan pemateri. Setelah instalasi aplikasi selesai, dilanjutkan dengan demonstrasi melalui penggunaan teknologi augmented reality oleh pemateri. Setelah demonstrasi selesai, peserta diperkenankan untuk melakukan praktik langsung penggunaan teknologi augmented reality oleh pemateri tentunya dengan bimbingan pemateri. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan sebelum dan setelah kegiatan, metode tersebut dinilai efektif yang ditunjukkan dengan tingkat keberhasilan peserta dalam menggunakan aplikasi yang diperkenalkan saat kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Kustiawan, I. (2009). Perancangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal. Seminar Nasional Electrical, Informatics, and IT’S Educations.

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48.

Nurhadi, Y., & Senduk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer dan Manfaat sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 11(22), 130-144.

Yu, W. & Chen, L. (2012). The Application of Computer Softwares in Chemistry Teaching, International Journal of Education and Management Engineering, 12, 73-77.

Criswell, E. L. (1989). The Design of Computer Based Instruction. New York: Curtaain Publishing.