Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia Usaha Mikro Melalui Pelatihan Akuntansi Pencatatan Keuangan Di Desa Mekar Sawit Kecamatan Sawit Seberang Kabupaten Langkat

Main Article Content

Renika Hasibuan
Anggi Pratiwi Sitorus
Budianto

Abstract

Akuntansi sebagai salah satu disiplin ilmu pengetahuan yang syarat nilai tentunya dapat dijadikan sebuah upaya untuk mengkokohkan nilai – nilai institusi masyarakat dalam rangka penguatan kualitas sumber daya manusia sehingga pencatatan keuangan dalam usaha mikro dapat terwujud.Tidak seorangpun yang ingin mengalami kondisi keuangan yang buruk. Namun, banyak juga orang yang tidak menyadari pentingnya pencatatan keuangan dalam setiap usaha terlebih untuk usaha mikro. Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada masyarakat Desa Mekar Sawit Kecamatan Sawit Seberang Kabupaten Langkat. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini diharapkan Peserta pelatihan mampu memahami apa yang dimaksud dengan pencatatan keuangan dan betapa pentingnya betapa pentingnya pencatatan keuangan dalam penguatan kualitas sumber daya manusia usaha mikro. Laporan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia Usaha Mikro Melalui Pelatihan Akuntansi Pencatatan Keuangan di Desa Mekar Sawit Kecamatan Sawit Seberang yang dikemukakan sebagai berikut (1) Kegiatan terlaksana sesuai dengan tujuan dan rencana, (2) Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat di Desa Mekar Sawit Kecamatan Sawit Seberang dan (3) Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Thacker, Ronald J, “Accounting Principles”, Prentice/Hall International

editions, Second Edition, 1979.

Soemarso, S.R, “Akuntansi Suatu Pengantar”, Rineka Cipta, Edisi ke-4, 1992.

Kieso Donald E. and Weygandt, Jerry J., “Intermediate Accounting”, John Wiley & Sons, Inc, Sixth Edition, 1989.

Sugijanto, Drs., Ak., Robert Gunardi, Drs., Ak., Sonny Loho, Ak., “Akuntansi Pemerintahan dan Organisasi Non-Laba”, PPA – FE Universitas Brawijaya, 1995.

Gade, Muhammad, “ Akuntansi Pemerintahan”, Lembaga Penerbit-FE UI, 1993.

Kusnadi, H, HMA, dkk, “Akuntansi Pemerintahan (Publik)”,

Pusdiklat BPKP, “Dasar-Dasar Akuntansi”, 1997.

BAKUN dan LAN RI, “Dasar-Dasar Akuntansi”, 1996.