BERBAGI MELALUI KEGIATAN BERQURBAN DIMASA PANDEMI COVID 19 DI SIMPANG LIMUN

Main Article Content

Fitria Priyulida
Khairil Abdillah

Abstract

Tujuan dilakukan pengabdian ini untuk membagikan daging qurban pada masyarakat. Tujuan utamanya yaitu kegiatan kemasyarakatan tetap melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di hari raya idul adha dengan mematuhi aspek keselamatan selama kegiatan berlangsung. Efeknya mendapat berbagi rasa syukur dengan saling berbagi dan membangun solidaritas serta membantu golongan yang kurang mampu sehingga ikut merasakan kebahagiaan dengan tercukupi kebutuhan daging untuk konsumsi keluarga. Bentuk kegiatan kreatif oleh petugas masyarakat yaitu pengaturan jadwal pembagian daging kurban melalui nomor urutan kupon pembagian. Hal ini selain mencegah kerumunan massal di era Covid-19 dalam menjalankan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). yang diterapkan oleh pemerintah daerah. Para dosen melakukan praktik pengelolaan daging kurban yang dapat dilihat dari empat fungsi dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan kurban dilakukan dengan cara membentuk kepanitiaan kurban untuk melakukan musyawarah proses pelaksanaan kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

https://fkik.uin-malang.ac.id/index.php/2022/07/12/idul-adha-1443-h-indahnya-berbagi-qurban-bersama-fkik/

Abdullah, M. (2016). Qurban: wujud kedekatan seorang hamba dengan tuhannya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 14(1), 109-116.

Hariyanto, B. (2018). Dinamika Ibadah Kurban Dalam Perkembangan Hukum Islam Modern. Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi, Dan Keagamaan, 5(2), 151-158.