Pemanfaatan Evacuation Route Banjir di Kawasan Hulu Das Wampu, Desa Garunggang Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat

Main Article Content

Johansen Hutajulu
Dicky Yuswardi Wiratma
Jon Kenedy Marpaung

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) Wampu merupakan salah satu sumber daya perairan yang dimiliki Kabupaten Langkat di Propinsi Sumatera Utara dengan panjang sungai 105 km, lebar 100 m, dan volume normal 80 km3. Jalur evakuasi adalah jalur penyelamatan yang didesain khusus dengan menghubungkan semua area ke area yang aman sebagai Titik Kumpul penduduk atau masyarakat yang sedang berada di wilayah tersebut. Jalur evakuasi berfungsi untuk mobilisasi penduduk dari ancaman bahaya ke tempat yang lebih aman ketika terjadi bencana. Banjir merupakan suatu keadaan dimana daerah yang biasanya kering (bukan daerah rawa) dapat menjadi penuh dan tergenang oleh air. Banjir juga dapat disebabkan oleh meluapnya air dari permukaan dan volumenya melebihi kapasitas sistem aliran sungai. Tujuan kegiatan penyuluhan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman konsep jalur evakuasi yang baik apabila terjadi bencana khususnya banjir di Kawasan Hulu DAS Wampu, Desa Garunggang Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Pelatihan ini dilakukan dengan metode ceramah, praktek dan diakhiri dengan penanaman pohon serta foto bersama. Hasil kegiatan ini menunjukkan peserta memberikan respon positif terhadap penyuluhan ini dilihat dari peran aktif peserta. Berdasarkan hasil kegiatan ini, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memiliki pengaruh positif terhadap pengetahuan dan pengalaman masyarakat serta telah terlaksana sesuai dengan rencana dan tujuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik. 2013. Kabupaten Langkat dalam Angka. BPS Kabupaten Langkat,
Ligal, S. 2008. Pendekatan Pencegahan dan Penanggulangan Banjir. Jurnal. Dinamika Teknik Sipil Volume 8, No. 2 Juli 2008.
KKN Universitas Diponegoro. 2016. Perancangan Evacuation Route Sebagai Pencegahan Terhadap Bahaya Bencana Yang Bersifat Darurat. Diakses pada 16 Agustus 2022 dari http://kkn.undip.ac.id/?p=46603.
Ratih, W. 2021. Mengenal Fungsi Jalur Evakuasi. https://rri.co.id/samarinda/kaltim/siaga-bencana/1252262/mengenal-fungsi-jalur-evakuasi#:~:text=Jalur%20evakuasi%20adalah%20jalur%20penyelamatan,lebih%20aman%20ketika%20terjadi%20bencana. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022.