Penghijauan Menuju Desa Asri Di Kawasan Hulu Daerah Aliran Sungai Wampu Desa Garunggang Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat Tahun 2022

Main Article Content

Ester Saripati Harianja
Sri Dearmaita Purba
Supartiningsih Supartiningsih

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah satuan wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungai yang berfungsi menampung, menyimpan, dan  mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alamiah, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mencegah dan menghindari terjadinya erosi dan banjir di sekitar kawasan DAS Wampu Desa Garunggang Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan beberapa tahapan mulai dari kolaborasi penanaman seribu pohon, koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk persiapan penyelenggaraan dan melakukan koordinasi dengan Dinas Kehutanan dalam hal permintaan bibit tanaman seperti pohon matoa, sawo, petai, jengkol, dan salak. Hasil dari pengabdian masyarakat dengan penanaman 1.000 pohon berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan rundown acara. Penghijauan atau penanaman hutan kembali perlu terus dilakukan dalam rangka upaya pengendalian erosi dan banjir di lahan petani maupun hutan di kawasan DAS.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Peraturan Pemerintah RI No. 23 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Kehutanan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan DAS
Undang-Undang Republik Indonesia No 37 Tahun 2014 Tentang Konservasi Tanah dan Air. Undang-Undang Republik Indonesia No Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan
Badan Pusat Statistik. 2013. Kabupaten Langkat dalam Angka. BPS Kabupaten Langkat, Langkat
Rauf, A.,K.S. Lubis, Jamilah. 2011. “Dasar-Dasar Pengelolaan Daerah Aliran Sungai”, USU Press, Medan.
Ditjen RLPS. 2000. Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Departemen Kehutanan. Jakarta.
Asdak, C. 2004. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Direktorat Jenderal Bina Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial. 2012. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Kementerian Kehutanan. Jakarta.
Setiawan, Budhy dkk. 2015. Teori dan Praktik Pengelolaan DAS Terpadu. Fauna & Flora lnternational-lndonesia Programme (FFl-lP). Jakarta Selatan.