Pelatihan Literasi Numerasi Bagi Siswa Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yabes Medan

Main Article Content

Hilda Syaf'aini Harefa
Diana Maulida Zakiah
Elizabeth Haloho

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan literasi numerasi sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan literasi mumerasi siswa dalam proses belajar mengajar. Objek pengabdian masyarakat ini adalah seluruh siswa Paket B Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yabes Medan. Masalah yang dihadapi adalah literasi numerasi masih belum terlaksana dengan baik, salah satu penyebab kegagalan dalam pembelajaran matematika adalah siswa tidak paham konsep-konsep matematika atau siswa salah dalam memahami konsep-konsep matematika. Kesalahan konsep suatu pengetahuan saat disampaikan di salah satu jenjang pendidikan, bisa berakibat kesalahan pengertian dasar hingga ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena matematika adalah materi pembelajaran yang saling berkaitan satu sama lain. Tingkat literasi numerasi siswa Paket B Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yabes Medan masih tergolong rendah. Solusi yang diberikan berupa pelatihan literasi numerasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu (1) Secara umum, siswa sudah mulai mampu memahami soal yang diberikan dengan baik, (2) Kemampuan siswa dalam memahami soal cerita yang berkaitan dengan literasi dan numerasi masih termasuk baik dimana siswa sudah mampu memecahkan soal yang diberikan, (3) Siswa sudah cukup mampu menggunakan konsep matematika sebagai dasar dalam memecahkan masalah pada soal yang diberikan, serta (4) Siswa sudah cukup mampu menganalisis informasi yang didapatkan dari soal lalu memakai interprestasi analisis dalam memprediksi dan mengambil kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. 2019. Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88

Nurjanah, Maya, et,al. 2022. Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 SD/MI. Mualimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 7(2), 87-89

Suswandari, M. 2018. Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Dikdas Bantara. 1 (1), 20-32