Edukasi Pencegahan Bullying Di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan

Main Article Content

Siska Dwi Ningsih
Ruth Donda Eleonora
Panni Ance L. Tobing

Abstract

Bullying pada remaja memberikan dampak negatif bagi korban maupun bagi pelaku. Dampak pada korban seperti menarik diri pada lingkungan, rendahnya tingkat kehadiran dan rendahnya prestasi akademik, trauma yang dapat menjadi depresi, dan cemas yang berlebihan. Selanjutnya dampak bagi pelaku seperti setuju terhadap kekerasan, tipikal orang berwatak keras, mudah marah, dan kurang berempati. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para siswa dalam menyikapi dan memahami tentang pentingnya edukasi pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan.  Metode pengabdian masyarakat ini dengan edukasi pada pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan dalam bentuk ceramah dan Tanya jawab serta menonton video pencegahan Bullying. Hasil Pengabdian masyarakat ini adalah menambah pengetahuan para siswa/siswi untuk lebih mengerti, memahami bentuk-bentuk perilaku bullying, dan faktor yang melatarbelakangi serta  melakukan pencegahan untuk menghindari perilaku bullying. Diharapkan setelah dilakukan edukasi pencegahan Bullying ini para siswa/siswi di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan pengetahuannya semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Coloroso, Barbara. (2006). Penindas, Tertindas, Dan Penonton; Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolah Hingga SMU, Jakarta: Serambi Ilmu Pustaka.

Desi Sundari Utami, dkk (2017). Pengetahuan Remaja Tentang Bullying di SMA Dan SMK PGRI Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kesehatan Aeromedika : Poltekes TNI AU Ciumbuleuit Bandung Volume III – No.1, Maret 2017.

Ela Zain Zakiyah dkk, (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM. Volume 4 No 2.

http www.sehatq.com. 12 Cara Mengatasi Bullying di Sekolah yang Penting Diketahui: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Diakses: KAMIS 14 April 2022.https://www.sehatq.com/artikel/tips-mencegah-bullying-di-sekolah-yang-penting-diketahui-orangtua

Merdeka.com.(2019). https://www.merdeka.com/gaya/7-hal-yang-bisa-dilakukan-jika-kamu-jadi-korban-bullying.html

Mira Sartika (2019). Pengaruh Bullying Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh, Skripsi. (Banda Aceh): UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.

Nur Dafiq dkk., (2020). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa Sekolah Menegah Atas di Kabupaten Manggarai NTT. Di Akses Sabtu 4 Juni 2022. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jrt/article/view/610/393


Retno Astuti, Ponny. (2008). Meredam Bullying, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sanders, Dkk. (2004). Bullying Implication For The Classroom, California, Elsevier Academic Press.



Sejiwa. (2008). Bullying (Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak), Jakarta: Gramedia.

sumut.inews.id dengan judul " Video Viral Aksi Bullying Siswa SMP di Kabupaten Toba, Pelajar Lain Jadi Penonton ", Diakses pada hari Kamis 12 Mei 2022. : https://sumut.inews.id/berita/video-viral-aksi-bullying-siswa-smp-di-kabupaten-toba-pelajar-lain-jadi-penonton.