Peran Mahasiswa Dalam Memotivasi Belajar Siswa/i Melalui Les Private Gratis di UPT. SD Negeri 09 Pematang Panjang Kab. Batubara

Main Article Content

Nenni Triana Sinaga
Rini Sri Susilawati Simbolon
Monalisa Yohana Manik
Dini Hari Sinaga
Merry Happy Sihaloho
Berkat Elshaday

Abstract

Pendidikan terus berkembang seiring perkembangan teknologi yang mampu mendorong SDM unggul. Perkembangan tersebut di dukung dengan kreativitas dan motivasi dalam mengejar ketertinggalan. Pendidikan harus mampu menciptakan generasi-generasi yang siap bersaing di kancah internasional. Generasi muda harus turut berperan dalam menunjang kemajuan pendidikan tersebut khususnya mahasiswa. Peran mahasiswa sangat dibutuhkan dalam pendidikan khusunya meningkatkan literasi dan numeralisasi di sekolah. Peran tersebut di implementasikan di SDN 09 Pematang Panjang selama sebulan penuh. Mahasiswa mampu memberikan pelayanan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui program les privat gratis untuk semua mata pelajaran dan bahasa inggris. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan les gratis ini memberikan dampak positif terhadap siswa-siswi yang terlihat bahwa mereka semakin percaya diri dalam mengikuti proses belajar. Pihak sekolah atau guru-guru mengakui dan merasakan perbedaan siswa yang menunjukan lebih semangat dari hari-hari sebelumnya dalam mengikuti proses belajar dan mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Febrika, dkk. 2022. Pelatihan Berbahasa Inggris bagi Siswa SMP Negri 2 Percut Seituan Melalui Program English Day. Medan. Jaga Marwah.
Sahlan, dkk. 2021. The Sosialisasi of Classroom Action Research for the Teachers of Beringin Bangun Purba Vacational School in Pandemic Situation. Jurnal Abdimas Mutiara.