Bimbingan Belajar Gratis Di SD Negeri No. 105274 Tanjung Gusta

Main Article Content

Hebron Pardede
Rinatasya Ginting
Agnes Y. Wulandari Hutahaean
Desliyana Manurung
Putri Sonia Simarmata
Sarah Gurning

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk membantu   masyarakat (sekolah) yang terdampak pandemi covid-19 dalam proses belajar mengajar yang berlangsung secara terbatas. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa terbantu menuntaskan pembelajaran yang terkendala karena pembatasan proses belajar. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Problem Solving dengan tujuan untuk memperkuat daya ingat dan kreativitas peserta didik agar mendapatkan pemahaman yang lebih mendasar dari materi yang disampaikan. Kegiatan difokuskan kepada siswa kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Untuk mengukur kemampuan siswa maka setiap minggu dilakukan evaluasi. Selama kegiatan kehadiran siswa rata-rata 95% dengan nilai rata-rata 75 dan ketuntasan 80%. Semua siswa sudah bisa berhitung  akan tetapi masih ada satu siswa kelas 5 belum bisa membaca. Kegiatan pembelaran dengan pendekatan Problem Solving sangat membantu siswa untuk menguasai materi ajar dan meningkatkan aktivitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi. https://diskes.baliprov.go.id/adaptasi-kebiasaan-baru-di-masa-pandemi-covid-19/
Fatma D., Aji W. (2020) “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”. Edukatif Jurnal Pendidikan
Nakayama M, Y. H. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, Vol.5(3).1.
Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease covid19. Error! Hyperlink reference not valid.
Problem Based Learning. https://en.wikipedia.org/wiki/Problem-based learning
Studi Dampak Sosial Ekonomi Pandemi COVID-19 di Indonesia https://smeru.or.id/id/research-id/studi-dampak-sosial-ekonomi-pandemi-covid-19-di-indonesia.