Pemeriksaan Kadar Kolesterol Pada Lansia Di Lingkungan Kelurahan Pahlawan Medan Perjuangan

Main Article Content

Dyna Grace Romatua Aruan
Maniur Arianto Siahaan
Yunita Purba

Abstract

Kolesterol adalah salah satu komponen dalam membentuk lemak yang merupakan berbagai komponen seperti trigliserida, fosfolipida, asam lemak bebas. Kolesterol berfungsi untuk membangun dinding sel atau membran sel di dalam tubuh. Kolesterol adalah suatu zat yang dproduksi oleh hati dan dari lemak jenuh dalam makanan, jika terlalu tinggi kadarnya dapat menyebabkan penyakit arteri koroner. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu untuk memberi gambaran tentang kadar kolesterol dalam darah pada lansia yang berobat di Klinik Pratama Hadijah Medan dan Populasi merupakan semua pasien lansia dan sampel penelitian berjumlah 50 orang. Cara pengumpulan data adalah dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari hasil pengukuran kadar kolesterol dan kemudian disajikan dalam bentuk tabel untuk mengetahui keadaan yang normal dan tidak normal. Setelah dilakukan penelitian di Klinik Pratama Hadijah Medan pada Bulan Maret 2022, dengan pemeriksaan kadar kolesterol pada lansia dan yang meningkat kadar kolesterol sebanyak 24 orang (48%) sedangkan yang berada dalam keadaan normal sebanyak 26 orang (52%). Disarankan kepada lansia yang mempunyai kadar meninggi agar rutin memeriksakan kadar kolesterol ke laboratorium dan kurangi makanan yang tinggi lemak, serta berolah raga secara teratur.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Albert S.M ; Freedman V.A. (2010). Public Health And Aging. Maximing Function and Well
Garnadi, Y . 2012. Hidup Nyaman Dengan Hiperkolesterol. AgroMedia: Jakarta
Guyton A.C., Hall J.E., 2015.. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC
Kemenkes RI. 2019. Data dan Informasi Kesehatan Profil Kesehatan Indonesia 2016.
Makhfudi, F. E. (2016). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Mumpuni Y., Wulandari A., 2011. Cara Jitu Mengatasi Kolesterol. Yogyakarta Andi
Restyani, A.E. (2015). Hubungan Pola Konsumsi Lemak Jenuh dan Obesitas Sentral terhadap Kadar Kolesterol Total (studi pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang). Malang: Universitas muhammadiyah Malang.
Sutanto. 2010. Cekal (Cegah dan Tangkal) Penyakit Modern Hipertensi, Stroke, Jantung, Kolesterol, dan Diabetes. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Tunggul Waloya, Rimbawan, dan Nuri (2013) Hubungan Antara Konsumsi Pangan Dan Aktivitas Fisik dengan Kadar Kolesterol Darah Pria dan Wanita di Bogor, Bogor,8 (1):9-16.
Winda L. N. Dokal , Rooije R.H Rumende, Tinny Akay. Hubungan Pengetahuan dengan Tindakan Pencegahan pasien Hiperkolesterolemia di Wilayah Puskesmas Touluaan Kabupaten MinahasaTenggara. Universitas Sari Putra Indonesia Tumohon.
Yovina.S, 2012. Kolesterol. Pinang Merah Publisher, Yogyakarta.