PELATIHAN PUBLIC SPEAKING PADA DOSEN FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Main Article Content

Mega Ulva Sari Sihombing
Saurma M.G.P. Siahaan
Nurhawati Simamora

Abstract

Public speaking adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang sesuatu hal atau topik di hadapan banyak orang untuk mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberi penjelasan, dan memberi informasi kepada masyarakat di tempat tertentu jadi sesuai dengan tujuan pembelajaran maka dosen termasuk yang harus menguasai public speaking. Kemampuan public speaking tidak hanya dibutuhkan oleh MC atau presenter saja, tapi juga dosen. Seorang dosen dituntut untuk dapat mentransfer ilmu yang dimiliki, sekaligus memberikan high-impact bagi mahasiswanya. metode pengajaran yang berfokus pada pendekatan student-centered sekalipun, tidak dapat terlepas dari peran dosen dalam mengendalikan proses belajar mengajar, khususnya dalam kelas. Public speaking penting dikuasai oleh seorang pengajar dalam berbicara pada peserta didik. Tetapi pada akhirnya, karakter pengajar dan pengenalannya tentang diri sendiri sebagai seorang pengajar dan seorang pembicara sama pentingnya untuk menentukan keberhasilannya dalam mengenali audiensnya dan mempraktikkan public speaking. Sebagaimana yang telah dibahas diatas seorang dosen sudah seharusnya memiliki public speaking yang mumpuni, karakter dosen dan pengenalannya tentang diri sendiri sebagai seorang dosen dan seorang pembicara sama pentingnya untuk menentukan keberhasilannya dalam mengenali audiensnya dan mempraktikkan public speaking. Namun, masih ditemukan beberapa diantaranya dosen yang mengajar dalam mempraktikkan public speaking masih belum mumpuni. Kegiatan pelatihan public speaking pada dosen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara diikuti oleh 32 peserta. Kegiatan ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Hasil kegiatan ini yaitu peserta memperoleh pembelajaran dan pengalaman yang menyenangkan   tentang pelatihan public speaking. Dimana sebelumnya para peserta belum memahami dengan baik tentang public speaking secara teori maupun praktik. Setelah mengikuti pelatihan public speaking para peserta mampu memahami tentang public speaking.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Clark, R. A., & Jones, D. 2001. A comparison of traditional and online formats in a public speaking course. Communication Education. Vol. 50 No. 2
Hamilton, C. 2003. Essentials of Public Speaking, 2nd ed. CA:
Wadsworth/Thomson Learning
Indayani, Iin. 2011. Peranan Pembimbing Kegiatan Public Speaking dan Kepercayaan Diri Siswi di Pesantren Darul Hikmah Medan http://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/viewFile/11291/4886
MacNaughton, G., Williams, G. 2004. Teaching Young Children: Choices in Theory and Practice. Australia: Pearson Education
Pan, L., & Yan, P. 2010. Primary study on public speaking in chinese korean education. Asian Social Science, 6(5), 70-75. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/821814071? accountid=8624
Rivera, M. 2011. Public speaking helps latino students prepare for higher education. The Hispanic Outlook in Higher Education, 21, 64. Retrieved from http://search.proquest.com/ docview/867683815?accountid=8624.
Swestin, Grace dan Primasanti, Kartika Bayu. 2014. Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran. Jurnal Scriptura. Vol. 4 No.2
Wibawa, Agung. Sarwoko. Eko, Cahyono. Suciska, Wulan. 2012. Pelatihan Dasar Public Speaking (Pelatihan Bagi Pegawai Negeri Sipil Dan Tokoh Masyarakat Di Wilayah Desa Taman Bogo Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur). Seminar Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakatdies Natalis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung