SOSIALISASI PENTINGNYA VITAMIN D DAN BERJEMUR PAGI HARI TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT KELURAHAN MEDAN HELVETIA DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Suharyanisa Suharyanisa
Manahan Situmorang
Dumartina Hutauruk

Abstract

Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum usai, virus ini menyerang individu yang memiliki sistem imunitas yang menurun. Hal ini menyebabkan masyarakat mengalami panic attack untuk membeli dan mengkonsumsi berbagai jenis vitamin untuk memperkuat imunitas. Penyuluhan kesehatan tentang pentingnya vitamin D dan berjemur dibawah sinar matahari pagi adalah upaya dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat untuk menjaga imunitas. Sinar matahari pagi memberikan vitamin D alami pada tubuh bila dilakukan pada jam yang tepat. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan sosialisasi pentingnya vitamin D dan berjemur pagi hari terhadap pengetahuan masyarakat dimasa pandemi Covid-19. Hasil kegiatan pelaksanaan program pengabdian masyarakat dalam bentuk memberikan edukasi dan sosialisasi pentingnya memberikan sosialisasi pentingnya vitamin D dan berjemur pagi hari terhadap pengetahuan masyarakat dimasa pandemi Covid-19. Kesimpulan kegiatan ini membawa dampak dan pengaruh yang baik terhadap pengetahuan masyarakat untuk menyadari bahaya Covid-19 dan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi vitamin D agar meningkatkan imunitas. Sosialisasi terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapat           sambutan yang baik oleh masyarakat Kelurahan Medan Helvetia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Almatsier S. (2010). Prinsip dasar ilmu gizi. 10th ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; 166-173.

Elya. (2020). Kebiasaan Cuci Tangan, Berjemur, Dan Media Informasi Pada Masyarakat Sumatra Selatan Selama Masa Pandemi Covid-19. JMK: Jurnal Media Kesehatan. 13(2). 59-66.

Jacoeb, T. N. A., Siswati, A. S., Budiyanto, A., Triwahyudi, D., Sirait, S. A. P., Mawardi, P., Budianti, W. K., Dwiyana, R. F., Widasmara, D., Maria, R., Tanojo, H. (2020). Pengaruh Sinar Ultra Violet Terhadap Kesehatan Kajian Terhadap Berjemur (Sun Exposures). Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Indonesia (PERDOSKI), pp. 1–15.

Lucas, R. M. (2018). Are Current Guidelines for Sun Protection Optimal for Health? Exploring The Evidence. Photochemical and Photobiological Sciences. Royal Society of Chemistry. 17(12).

Sari D. (2014). Vitamin D & perempuan. Medan : USU Press.

Utami Sri, Chairulfatah A, Rusmil. (2015). Perbandingan Kadar Vitamin D (25 Hidroksivitamin D) pada Anak Sakit Kritis dan Nonkritis. Sari Pediatri. (6; 16(6)): 434-435.