PELAKSANAAN EMPAT PILAR PADA PENDERITA DIABETES MELITUS

Main Article Content

Agnes Silvina Marbun
Netti Brahmana
Normi Parida Sipayung
Ceria Sinaga
Kesia Lina Uli Marbun
Rahul Halianja

Abstract

 


Diabetes melitus (DM) merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya dan merupakan penyakit menahun yang akan disandang seumur hidup. DM termasuk dalam masalah kesehatan yang belum dapat disembuhkan, hal yang mungkin dapat dilakukan oleh penderita DM adalah mengontrol dan mengendalikan penyakitnya agar dapat mempertahankan kualitas hidup. Hal yang perlu dilakukan pada penderita DM agar tetap hidup sehat yaitu mengetahui pengolahan kadar gula darah melalui pelaksanaan empat pilar. Pengolahan empat pilar yang harus diketahui penderita DM adalah edukasi, nutrisi, aktifitas fisik dan farmakologi. Pilar pertama edukasi yang memiliki peranan penting agar penderita DM mempunyai pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat merawat diabetes secara mandiri, pilar kedua perencanaan makan atau diet yaitu makanan seimbang sesuai dengan kebutuhan kalori, pilar ketiga olahraga dengan berolahraga tubuh menggunakan sebagian glukosa darah sehingga dapat menurunkan kadar glukosa darah agar kembali normal, dan pilar yang keempat obat jika diperlukan apabila makanan dan olahraga tidak dapat membuat glukosa darah turun, obat oral diabetes bukan hormon insulin, obat ini membantu penyandang diabetes menggunakan insulinnya sendiri dengan lebih baik dan menurunkan pelepasan glukosa oleh hati sehingga kadar glukosa darah terkontrol. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang pelaksanaan empat pilar pada penderita diabetes melitus dengan peserta sebanyak 20 orang. Diharapkan dapat meningkatkan sikap tentang kepedulian penderita DM terhadap penyakitnya, sehingga penderita DM diharapkan proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bilous, R. & Donelly, R. (2014). Buku pegangan diabetes. Edisi 4. Jakarta: Bumi Medika

Black, J. M., & Hawks, J. H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 Buku 2. Singapore: ELSEVIER.
Chairani, (2018). Aktivitas Fisik Pada Diabetes Di Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Salatiga. Jurnal Keperawatan Komunitas, 2(1), 20-24.
Damayanti, S. (2015). Diabetes Melitus dan Penatalaksanaan Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
IDF (International Diabetes Federation). (2017). Diabetes Atlas edisi 8.
Perkeni, P. B. (2015). Konsensus Pengelolaan Dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia. Jakarta: PB Perkeni.
Putra W.A. (2015). Empat Pilar Penatalaksanaan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. Universitas Lampung.
Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). (2018). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI : Jakarta
Tandra H. (2017). Segala Sesuatu Yang Harus Dikendalikan Tentang Diabetes Panduaan Lengkap Mengenal Dan Mengatasi Diabetes Dengan Cepat Dan Mudah. Edisi kedua. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Utama, H. (2014). Penalaksanaan Diabetes Melitus Terpadu, Edisi 2. Cetakan 7. Balai penerbit FK UI : Jakarta