PENYULUHAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA BAGI PETUGAS PUSKESMAS HUTAPAUNG

Main Article Content

Yenni Gustiani Tarigan
Ivan Elisabeth Purba
Hana Ike Purba

Abstract

Setiap  pekerjaan  selalu  mengandung  potensi  resiko  bahaya  dalam  bentuk kecelakaan  dan  penyakit  kerja.  Kasus-kasus kecelakaan dan  penyakit  kerja  di dunia, Indonesia masih cukup besar, baik di kota maupun di desa, baik disektor  industri dan jasa -jasa maupun juga disektor kesehatan. Masalah keselamatan dan kecelakaan kerja di Indonesia masih sering diabaikan, hal ini dapat dilihat dari  masih tingginya angka kecelakaan kerja. Oleh karena itu pentingnya pengetahuan pekerja  tentang  keselamatan  dan  kesehatan  kerja  sebagai  valuasi  diri.  Salah satu  upaya  yang  dapat  dilakukan  dengan  memberikan  penyuluhan tentang Keselamatan  dan  Kesehatan Kerja  (K3). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan mengevaluasi diri pekerja mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan dalam bekerja. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan kepada pegawai Puskesmas Hutapaung mengenai  Keselamatan  dan  Kesehatan  Kerja  (K3) yang dilaksanakan pada bulan Desember 2021. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta penyuluhan  dapat  memahami  dan  mengerti  untuk  menjaga  kesehatan  dan keselamatan  dalam  bekerja serta memberikan  kesadaran pada  staff puskesmas untuk bisa melindungi diri dalam pekerjaanya dengan menggunakan alat pelindung diri yang sudah disiapkan oleh Puskesnas secara benar dan sesuai prosedur penggunaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fitria Qotrotun Nada, H. M. D., Yuliani Setyaningsih. (2020). Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Puskesmas: Studi Kasus di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 8(2), 98-104.

Huriati, S., Nur Hidayah, Suaib, Aryati Arfah. (2022). Mutu pelayanan keselamatan pasien di rumah sakit. Forum Ekonomi, 1(24), 186-194.

Jakarta, I. L. O. (2013). Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sarana untuk Produktivitas. Jakarta: International Labour Organization Jakarta.

Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (2017).

Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (2019).

Mohammad Nasrullah, T. S. (2014). Hubungan Antara Knowledge, Attitude, Practice Safe Behaviour Pekerja Dalam Upaya Untuk Menegakkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 3(1), 82-93.

Putri, S. J. (2020). Penerapan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Guna Meningkatkan Mutu Pelayanan Di Puskesmas (Publication no. 10.31219/osf.io/sgupd). from OSFPREPRINT

Sriyanti, C. (2016). Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Jakarta Selatan Pusdik SDM Kesehatan.

Sujoso, A. D. P. (2012). Dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jember: UPT Penerbitan UNEJ.

Umniyati, H. (2010). Kepuasan pasien terhadap pelayanan tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara Tahun 2009. Jurnal Kedokteran Yarsi, 18(1), 9-20.