SOSIALISASI CARA MENCUCI TANGAN DAN PEMAKAIAN HAND SANITIZER / HAND GEL YANG BAIK DAN BENAR DI PANTI ASUHAN SUKACITA ANAK MAHKOTA DALAM UPAYA MEMBANTU PENCEGAHAN COVID-19

Main Article Content

Grace Anastasia br Ginting
Christica Ilsanna Surbakti
Modesta Harmoni br Tarigan

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-COV 2 dan  dapat menular melalui droplet yang berasal dari batuk serta bersin, kontak pribadi seperti berjabat tangan, menyentuh benda ataupun permukaan yang terdapat virus kemudian menyentuh hidung, mulut, atau mata, peningkatan jumlah kasus berlangsung cukup cepat, dan menyebar ke berbagai negara dalam waktu singkat. Pada masa pandemi ini perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sangat bermanfaat untuk mencegah penularan, menanggulangi dan melindungi diri dari paparan virus SARS-COV 2. Pencegahan penularan di masyarakat dapat dilakukan dengan physical distancing, mengetahui etika batuk/bersin, mengetahui cara pemakaian masker, pembatasan aktivitas luar rumah dan salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan atau pemakaian hand sanitizer/hand gel. Para dosen Program studi Pendidikan Profesi Apoteker beserta sejumlah mahasiswa Program studi Pendidikan Profesi Apoteker, Universitas Sari Mutiara Indonesia terpanggil untuk ikut berpartisipasi dalam upaya membantu pencegahan penularan COVID-19 dengan melakukan sosialisasi cara mencuci tangan dan pemakaian hand sanitizer/hand gel yang baik dan benar di Panti Asuhan Sukacita Anak Mahkota. Ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan kegiatan tridarma perguruan tinggi. Diharapkan luarannya adalah dengan memberikan sosialisasi cara mencuci tangan dan pemakaian hand sanitizer/hand gel yang baik dan benar kepada anak-anak di Panti Asuhan Sukacita Anak Mahkota dapat memberikan pengetahuan, pemahaman dan secara tidak langsung dapat mencegah kontaminasi dan mencegah penyebaran infeksi virus COVID-19 yang lebih luas lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Departemen Kesehatan RI. 2007. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Fenti, Fatmawati. 2020. Edukasi Penggunaan Hand Sanitizer dan Pembagian Hand Sanitizer Disaat Pandemi COVID-19. JCES (Journal of Character Education Society). 3(2): 432-428.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman Pencegahan dan pengendalian coronavirus disease (Covid-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Sumaiyah, Marianne, Nasution E. S., Pertiwi, D., Nugraha, S. E. (2019). Sosialisasi Langkah Cuci Tangan Yang Benar Guna Mewujudkan Masyarakat Sehat di SMA Negeri 2 Sibolga. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI. 3 (2): 129-132.