PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Main Article Content

Siska Evi Martina
Rumondang Gultom
Donal Nababan

Abstract

Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah SD Swasta Islam Terpadu Sakinah Azahra di Kabupaten Batu Batu Bara. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah dalam berbagai hal, beberapa dianataranya proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa selama penugasannya berlangsung. Hasil dari Program ini yakni sebagai penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Mengembangkan wawasan, karakter dan Soft Skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

https://berita.upi.edu/kampus-mengajar-perintis-solusi-pendidikan-saat pandemidi-sdn-cidokom- 03/
https://www.validnews.id/Kemendikbud-Lanjutkan-Kampus-Mengajar-Tahun2021-Ofp http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2020/10/Kampus%20Mengajar %20Perintis.pdf
https://muda.kompas.id/baca/2020/12/21/kampus-mengajar-perintis memberdayakan-guru-dan- siswa-pada-saat-pandemi/
https://eprints.uny.ac.id/50205/1/Bab%20I-III.pdf
https://fkip.umko.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/1Sign-Penawaran-Program KMP-Copy-1- Copy.pdf