PELATIHAN PENGGUNAAN BANDICAM BAGI GURU SMAN 13 MEDAN

Main Article Content

Harold Situmorang
Rianto Sitanggang
Immanuel H G Manurung*

Abstract

SMA Negeri 13 yang terletak di kota Medan, di sekitar daerah Titi Kuning. Dengan mempunyai cukup banyak siswa, maka para guru-guru ditekankan harus membuat bahan pelajaran yang efektif dan efisien. Maka dengan ini Fakultas SAINTI dari Universitas Sari Mutiara Indonesia melaksanakan kegiatan pelatihan  menggunakan aplikasi  Bandicam. Kegiatan yang meliputi cara mengunduh dan minginstal software aplikasi Bandicam ke laptop atau ke ke Komputer para guru-guru, kemudian dilanjutkan dengan cara pembuatan video dan menyatukan beberapa video rekaman pembelajaran dengan cara menyisipkan transisi di antara beberapa video tersebut, setelah  dilakukan penyisipan  tulisan dan juga suara pada bagian rekaman video, seperti rekaman pelaksanaan praktek. Pihak penyelengara pelatihan melatih beberapa guru di ruang pelatihan kemudian setelah para guru sudah mampu mengunduh dan menginstal aplikasi Filmora ke laptop masing-masing, kemudian mereka pun membantu para guru yang lain untuk melakukan hal yang sama, sehingga kegiatan tersebut terlaksana dengan efektif dan efisien. Setelah semua guru menginstal Bandicam ke dalam laptopnya, maka kegiatan pelatihan membuat video, menyisip transisi, suara dan text dilaksanakan secara bersamaan kepada semua guru-guru. Aplikasi Bandicam tidak terlalu berat untuk digunakan, di akhir pelatihan semua para guru telah mampu menggunakan aplikasi Bandicam untuk membuat video pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

A. Nugraha and Y. Nestiyarum, “Pembuatan Media Video Pembelajaran Berbasis TIK,” Pembuatan Media Video Pembelajaran Berbas. TIK, p. h. 8, 2021.

Asmani, Jamal Ma'mur. 2011. Tips Efektif pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sutjiono, Thomas Wibowo Agung, 2005, Pendayagunaan Media Pembelajaran, (Jurnal Pendidi- kan Penabur - No.04 / Th.IV / Juli 2005.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/12/091714671/cegah-virus-corona-mendikbud-nadiem-kita-bergerak-bersama?page=all.

http://www.neicytekno.net/2020/12/cara-menggunakan-bandicam-untuk-merekam-layar.html

https://www.menitinfo.com/2019/05/cara-menggunakan-bandicam.html

Riah Ukur Ginting, H. H. (2021). PELATIHAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN BAGI PENDIDIK. Jurnal Abdimas Mutiara, 56-60.