SOSIALISASI LITERASI INFORMASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA DI KALANGAN ANAK-ANAK PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) LITERASI INFORMASI
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi informasi yang terjadi saat ini menandakan adanya ledakan informasi yang menimbulkan melebarnya keterbatasan ruang, waktu, dan tempat dalam melakukan akses informasi, dikarenakan akses dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dalam mengatasi ledakan informasi yang terjadi di masyarakat, maka perlu adanya pemahaman literasi informasi agar masyarakat dapat lebih bijaksana dalam menerima berbagai macam informasi. Dalam rangka menciptakan budaya literasi masyarakat dapat dimulai dengan menanamkan minat membaca anak sejak dini. Membaca dan menulis merupakan literasi yang wajib dikuasai. Dengan memiliki kemampuan baca-tulis, seseorang dapat menjalani hidupnya dengan kualitas yang lebih baik. Masalah minat baca sampai saat ini masih menjadi perhatian kita bersama, karena minat baca masyarakat Indonesia relatif masih sangat rendah. Membaca dapat dikatakan kemampuan awal yang dilewati anak dalam proses menguasai keterampilan membaca secara menyeluruh. Membaca biasa dilakukan atau didapatkan oleh anak Taman Kanak-kanak yaitu sekitar 4-6 tahun. Anak-anak yang memperoleh keterampilan membaca akan lebih mudah menyerap informasi dan pengetahuan pada waktu-waktu selanjutnya dalam kehidupan anak itu sendiri. Kegiatan sosialisasi literasi informasi ini dilakukan pada anak-anak yang menjadi anggota Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Literasi Sosial yang berjumlah 50 peserta. Hasil kegiatan ini yaitu peserta memperoleh pembelajaran dan pengalaman yang menyenangkan tentang sosialisasi literasi informasi dalam meningkatkan minat baca. Dimana sebelumnya para peserta belum memahamai dengan baik tentang literasi informasi secara teori maupun praktik. Setelah mengikuti sosialisasi literasi informasi para peserta mampu memahami tentang literasi informasi terkait minat baca.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. 2019. Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4 No.1
Dhieni. 2007. Mengikat Makna: Kiat-Kiat Ampuh Untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Penerbit Kaifa
Nofiana, M. 2017. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora). Vol. 1 No. 2
Nudiati, D. 2020. Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling. Vol. 3 No.1
Nurwita,N.,et.al. 2019. Dampak Buruk Pemakaian Media Sosial Terhadap Semangat Dan Capaian Belajar Siswa Smp Arraisiyah Pamulang. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen. Vol. 1 No. 1
Olivia & Ariani. 2009. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung : CV. Sinar Baru.
Ratnasari, Yunita. 2011. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Bojongsari Purbalingga. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Sari, Esti Swatika & Pujiono, S. 2017. Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. Litera. Vol. 16 No. 1
Sukrianto, D & Oktarina, D. 2017. Pemanfaatan Teknologi Barcode Pada Sistem Informasi Perpustakaan di SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. JOISIE (Journal Of Information System And Informatics Engineering. Vol.1 No.2
Winaryati, E. 2018. Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional & Internasionaal