DIKLAT MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMK NUR AZIZI TANJUNG MORAWA STMIK Kaputama

Main Article Content

Indah Ambarita
Lina Arliana Nur Kadim
Magdalena Simanjuntak

Abstract

Tidak  ada  bangsa  yang  sejahtera dan  dihargai  oleh bangsa  lain tanpa kemajuan  ekonomi. Kemajuan ekonomi bisa dicapai jika ada spirit kewirausahaan yang kuat dari masyarakatnya. Salah satu faktor yang menyebabkan  suatu negara bisa maju yaitu ketika jumlah wirausahawan  yang terdapat di negara tersebut  berjumlah  2% dari  populasi penduduknya. Di  Indonesia ditemukan  bahwa hampir 75% responden  tidak memiliki  rencana  yang jelas setelah lulus. Tidak mengherankan jika setiap tahunnya selalu muncul pengangguran terdidik di Indonesia yang angkanya semakin  meningkat. Terdapat kecenderungan bahwa lulusan SMK di Indonesia lebih senang milih bekerja nyaman, sementara lapangan kerja di sektor pemerintah dan sektor swasta tidak memungkinkan menyerap semua tenaga kerja lulusan SMK di Indonesia. Salah satu upaya dalam mengurangi tingkat pengangguran tinggi di Indonesia yaitu dengan menciptakan lulusan-lulusan SMK yang tidak hanya memiliki orientasi sebagai job seeker namun job maker atau yang disebut wirausaha. Untuk memulai menjadi seorang wirausaha, setiap siswa SMK harus memiliki impian yang kokoh yang dibangun tidak dalam waktu singkat. Impian ini sangat penting mengingat resiko dari wirausaha tidaklah kecil. Bila siswa SMK tidak memiliki impian yang kokoh maka sangat mungkin baginya untuk cepat menyerah. Konsep dasar yang harus disadari terlebih dahulu yaitu sukses itu bukan sebuah kebetulan, namun sukses itu by design.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ambarita, Indah, dkk. 2018. Pengantar Manajemen Wirausaha. Ponorogo: Wade Group.
Ambarita, Indah & Marpaung, Iis Joice Susanti. 2019. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa STMIK Kaputama untuk Berwirausaha” jurnal ilmiah Ilmu Manajemen METHONOMIX, volume 2, nomor 2, 2019: hal 67-74.
Dirjen Dikti. 2013. Kewirausahaan. Jakarta: Modul Pembelajaran.
Lestari, Budi Retno & Wijaya, Trisnadi. 2012. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI”, jurnal ilmiah STIE MDP, volume 1, nomor 2, Maret 2012: hal 112-119.
McClelland, David C. 2009. Entrepreneur Behavior and Characteristics of Entrepreneurs. The achieving Society.
Rosmiati, Dkk. 2015. “Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa”. Jurnal JMK, volume 17, nomor 1, Maret 2015: hal 21-30.Suryana. 2008. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Saiman, Leonardus. 2014. Kewirausahaan: Teori, Praktik, dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.