KEGIATAN PENYULUHAN KANDUNGAN KAFEIN YANG TERDAPAT PADA KOPI INSTAN

Main Article Content

Zuhairiah Zuhairiah
Yosy Cinthya Eriwaty Silalahi
Supartiningsih Supartiningsih

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari oleh masyarakat. Saat ini kopi tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Kopi dapat menghilangkan rasa dahaga, merelaksasi pikiran dan sebagainya. Selain itu kandungan kafein pada kopi memiliki efek farmakologis yang bermanfaat secara klinis, seperti menstimulasi susunan syaraf pusat, relaksasi otot polos terutama otot polos bronkus dan stimulasi otot jantung. Kopi memiliki bau dan cita rasa yang khas, mengandung kadar kafein tinggi. Kafein dalam dosis sesuai dapat memberikan efek positif, namun tidak semua produk mencantumkan kadarnya. Kopi instan memiliki kandungan kafein yang berbeda-beda. Dimana kandungan kafein yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan mengenai kadar kafein dalam kopi instan yang beredar dipasaran. Hasil kegiatan pelaksanaan program pengabdian masyarakat, memahami kandungan kadar kafein dalam kopi instan yang berderar dipasaran. Kesimpulan bahwa penyuluhan terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapat sambutan yang baik oleh masyarakat Kelurahan Timbang Langkat Kecamatan Binjai Timur mendapatkan informasi serta pengetahuan dan menerapkan informasi tersebut bagi keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Charlinia W. (2012). Pengaruh Penambahan Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) Terhadap Aktivitas Antioksidan Dan Kadar Kafein Biji Kopi Robusta (Coffea canephora).

Depkes RI. (1979). Farmakope Indonesia Edisi III. Edisi III. Indonesia: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Depkes RI. (1995). Farmakope Indonesia Edisi IV. Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 1995.

Kementrian Pertanian. (2013). Outlook Kopi. Pusat Data dan Informasi Pertanian Kementrian Pertanian.

Kusumawati, D. (2005). Analisis Nilai Tambah Pengolahan Kopi Asalan Menjadi Kopi Bubuk Di Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

Maramis R. (2013). Analisis kafein dalam kopi bubuk di Kota Manado menggunakan Spektrofotometri Uv-Vis. Pharmacon. 2(4).

SNI, (2014). Kopi Instan. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta. (SNI 2983:2014).