EDUKASI PENGARUH VARIASI WAKTU FERMENTASI TERHADAP KADAR ETANOL HASIL FERMENTASI SINGKONG KUNING (Manihot utillissima Pohl)

Main Article Content

Siti Maimunah
Siti Nurbaya
Jon Kenedy Marpaung

Abstract

Singkong merupakan komoditas hasil pertanian yang banyak ditanam di indonesia dan merupakan sumber karbohidrat penting setelah beras dengan kandungan 34,7%. Singkong kuning biasanya disajikan dalam bentuk tape melalui suatu proses fermentasi. Pada proses fermentasi pembuatan tape singkong, pencapaian titik optimum fermentasi yang mengakibatkan tape singkong harus segera dikonsumsi. Pembentukan etanol pada proses fermentasi membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika fermentasi terjadi lebih lama maka nutrisi pada singkong tersebut akan habis. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan informasi dan edukasi pengaruh variasi waktu fermentasi terhadap kadar etanol hasil fermentasi singkong kuning (Manihot utillissima Pohl). Hasil kegiatan pelaksanaan program pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan kepada masyarakat pengaruh variasi waktu fermentasi terhadap kadar etanol hasil fermentasi singkong kuning (Manihot utillissima Pohl). Kesimpulan bahwa penyuluhan terlaksana sesuai pelaksanaan dan rencana, mendapat   sambutan yang baik dari pemerintah setempat Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor Kota Medan, masyarakat sekitar mendapatkan informasi serta pengetahuan dan menerapkan informasi tersebut bagi keluarga dan masyarakat lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Astawan, M. dan M. Wahyuni, (1991). Teknologi Pengolahan Pangan Nabati Tepat Guna. Akademica Pressindo. Jakarta.

Dyah, W. (2002). Gizi Kuliner. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhidin, (2001). Jurnal Matematika dan Science vol 6 No1 April.

Rukmana R. (1997). Ubi Kayu Budi Daya dan Pustaka Panen, Kanisius, Yogyakarta.

Suliantri dan Winiarti (1991). Teknologi Fermentasi Biji-Bijian Dan Umbi-Umbian. Bogor.Departemen P dan K Jenderal Pendidikan Tinggi Pusat Universitas Pangan Dan Gizi IPB. Halaman 46.

Winarno, F.G. (2004). Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.