PENINGKATAN WAWASAN PENGETAHUAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN SUMBATAN JALAN NAFAS OLEH BENDA ASING PADA ANAK

Main Article Content

Normi Parida Sipayung
Bunga Teresia Purba

Abstract

Pemahaman masyarakat tentang penanganan jalan nafas pada anak masih sangat minim, sehingga orang tua tidak tau melakukan penanganan jika anak mereka mengalami gangguan jalan nafas. Tujuan: Pengabdian Masyarakat ini meningkatkan kemampuan masyarakat dalam Peningkatan Wawasan Pengetahuan Orang Tua Dalam Penanganan Sumbatan Jalan Nafas Oleh Benda Asing Pada Anak. Metode: Pengabdian masyarakat yang digunakan adalah promosi kesehatan dengan pendekatan edukasi dan penyuluhan. Hasil : Peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang yang terdiri atas orang tua yang memiliki anak (100%) peserta berpartisipasi aktif dalam kegiatan demonstrasi dan 80% peserta mengungkapkan baru mengetahui cara melakukan penanganan sumbatan jalan nafas. Seluruh (100%) peserta mampu melakukan penanganan sumbatan jalan nafas. Kesimpulan : Kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa hasil Peningkatan Wawasan Pengetahuan Orang Tua Dalam Penanganan Sumbatan Jalan Nafas Oleh Benda Asing Pada Anak sudah diketahui orang tua yang mengikuti penyuluhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

American Academy of Pediatrcs. (2010). P revention of Choking Among. American Academy of Pediatrics.
Arora. (2011). Pertolongan Pertama. Jakarta: EGC
Aulia, A Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Nifas tentang Bounding Attachment di RB Yulita Grogol Sukoharjo Tahun Karya Tulis Ilmiah
Carpenito. (2009). Diagnosis Keperawatan Aplikasi pada Praktik Klinis. Jakarta: EGC.
Depkes RI, (2008). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta
Depdiknas, RI, (2008). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta
Dila adila, 2014. Pengaruh Penyuluhan Teknik Pijat BayiTerhadap Pengetahuan dan Keterampilan Pijat Bayi Pada Ibu Di Puskesmas Tegal RejoYogyakarta, Skripsi tidak dipublikasikan, Stikes Aisyiyah Yogyakarta
Dwi, S & Prihati Ningsih, D. (2015). Pengaruh Edukasi Keluarga tentang Pencegahan dan Penanganan Tersedak pada Anak terhadap Pengetahuan dan Ketrampilan Keluarga Dusun Ngebel RT 09 Tamantirto Kasihan Bantul. (Doctoral dissertation, STIKES'AisyiyahYogyakarta).
Fabona, D Tingkat Pengetahuan Ibu Nifas tentang Cara Peningkatan Produksi ASI di BPS Diyah Sumarmo Desa Tanjungsari Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Karya Tulis Ilmiah
Fitri, F., & Pulungan, M. R. (2011). Ektraksi Benda Asing (Kacang Tanah) Di Bronkus dengan Bronkoskop Kaku. Majalah Kedokteran Andalas.
Ghanie, A., Zuleika, P., &. (2016). Penatalaksanaan Enam Kasus Aspirasi Benda Asing Tajam di Saluran Trakheobronkial. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan : Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.
Grove K. Susan. (2015). Understanding Nursing Research BuilidingAn Evidenced Based Practice, 6 th Edition. China: Elsevier.
Herja julianti, E dkk (2003), Pendidikan kesehatan gigi. Jakarta : EGC
Hidayah, N. (2016). Pengetahuan Ibu mengenai Penanganan Pertama Kejang Demam pada Anak di Kelurahan Ngaliyan Semarang.
Proposal Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Dipnegoro Semarang. Iskandar J. (2011)
Widodo Ario Kentjono., Sri Herawati Juniati., Achad Romdhoni., Update Management On Pharyngolaryngeal Diseases. Edsisi 1. Surabaya : Defartemen/SMF Ilmu Kesehatan Telinga Tenggorok Bedah Kepala Dan leher.