PEMBUATAN BANDREK DENGAN TEKSTUR PADAT YANG DIKEMAS DALAM BENTUK BONBON

Main Article Content

Masdania Zurairah
Asmara Sari Nasution
Zaharuddin Zaharuddin

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada saat covid 19, dimana tujuan dari pengabdian ini menghasilkan prodak yang dapat dikonsumsi anak anak tahfidz yang salah satu manfaatnya untuk mencegah  masuk angin. Daya tahan tubuh sangat penting saat ini untuk mencegah dari serangan virus. Dengan berkumpulnya anak anak tahfidz dalam suatu ruangan harapkan semuanya harus terhindar dari serangan virus yang dapat menyebabkan flu dan pilek. Untuk membentengi tubuh agar fit dilakukan pengabdian masyarakat ini, yang akan menghasilkan produk bombon rasa bandrek. Proses pembuatannya yang mudah dan  bahan pembuatannya yang murah, namun mendapatkan hasil   rasa yang enak serta gampang mengkonsumsinya, membuat anak tahfidz sangat menyukainya. Bahan bandrek untuk menghasilkan bonbon rasa bandrek terdiri dari gula aren, santan kelapa kental, jahe, serai, cengkeh, buah pala dan daun jeruk. Alat yang digunakan untuk menghaluskan bahan digunakan gilingan batu. Prosesnya dimasak dengan menggunakan air dari santan kelapa dengan menggunakan api sedang. Prosesnya diaduk terus sampai mengental dan mengering. Dalam keadaan panas bombon bandrek yang mengering sehingga masih bisa dibentuk,  dikemas dalam suatu wadah loyang dan segera dipotong potong kecil kecil yang selanjutnya dibungkus dengan kertas minyak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ketaren, S., 1986, Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan, Penerbit Universitas Indonesia (UIPress),
Jakarta.
Palungkun, R., 1993, Aneka Produk Olahan Kelapa, PT. Penerbit Swadaya, Jakarta.
Aryanta, I. W. R. (2019). Manfaat Jahe UntukKesehatan. Widya Kesehatan, 1(2), 39-43.
Athena, A., Laelasari, E., & Puspita, T. (2020).Pelaksanaan Disinfeksi Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Dan Potensi Risiko Terhadap Kesehatan Di Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan, 19(1), 1-20
Shi, Y., Wang, Y., Shao, C., Huang, J., Gan, J., Huang, X., ...& Melino, G. (2020). COVID-19 infection: the perspectives on immune responses.
Nurlita, D., Handayani, N., & Setiyabudi, L. (2018).Pembuatan Serbuk Jahe sebagai Minuman Kesehatan Bagi Warga Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota https://jurnal-pharmaconmw.com/jmpm JMPM 61 Vol. 1, No. 2, Desember 2020 Tasikmalaya. JCES (Journal of Character Education Society), 1(1), 67-73.