PENGUATAN PERANAN KELUARGA UNTUK PENDIDIKAN ANAK DI SMP NEGERI 3 MEDAN

Main Article Content

Saurma MGP Siahaan
Niscaya Hia
Mental Rius Halawa
Darman Telaumbanua

Abstract

Anak sebagai anggota keluarga berhak mendapatkan perhatian dalam memenuhi haknya sebagai Anak sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Perlindungan Anak. Bukan saja keluarga, bahkan pihak satuan Pendidikan dan masyarakat penting dilibatkan. Keterlibatan dalam memenuhi hak anak khususnya di bidang Pendidikan dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab bersama antara Satuan Pendidikan, Keluarga, dan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, mendorong Penguatan Pendidikan Karakter Anak, meningkatkan kepedulian Keluarga terhadap pendidikan Anak, membangun sinergitas antara Satuan Pendidikan, Keluarga, dan Masyarakat serta mewujudkan lingkungan Satuan Pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Sehingga, penyelenggaraan pendidikan pada anak diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter Anak di  lingkungan Keluarga, memotivasi semangat belajar Anak, mendorong budaya literasi dan memfasilitasi kebutuhan belajar Anak. Dalam pelibatan keluarga, sesuai norma yang berlaku, sumber daya/potensi, dan kearifan lokal di Satuan Pendidikan serta koordinasi  dengan Komite Sekolah dapat dilakukan oleh individu dan/atau paguyuban Orang Tua/Wali. Paguyuban Orang Tua/Wali merupakan paguyuban Orang Tua/Wali peserta didik dalam satu rombongan belajar atau kelas. Dilaksanakan untuk mewujudkan kerja sama dalam mendukung Penyelenggaraan Pendidikan pada Satuan Pendidikan meliputi Program dan kegiatan serta Pembagian peran dan tanggung jawab. Menyadari pentingnya memaksimalkan kepentingan anak untuk mendapatkan pendidikannya dengan sebaik-baiknya maka perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan peran dari semua pihak tersebut. Khususnya orangtua, bukan saja penting untuk diingatkan tentang kepentingan anaknya tetapi juga perlu memahami situasi dan kondisi sekolah serta lingkungan masyarakat sekitar sekolah. Semua ini akan menjadi penguatan bagi orangtua dalam mendukung anaknya dalam pendidikan. Sehingga, orangtua lebih memahami posisinya, posisi sekolah, posisi masyarakat sekitar sekolah dan kontribusi apa yang dapat dilakukan untuk mendukung anaknya di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles