PENYULUHAN PENTINGNYA KEPATUHAN PENGGUNAAN APD PADA PEKERJA DI PT. HUTAMA KARYA INFRASTRUKTUR BINJAI – PANGKALAN BRANDAN TAHUN 2021

Main Article Content

Hana Ike Dameria Purba
Lia Rosa Veronika Sinaga
Florida Sinaga

Abstract

Berdasarkan pengamatan saat survey pendahuluan yang dilakukan peneliti di proyek pembangunan jalan tol binjai-pangkalan brandan, masih banyak pekerja yang tidak patuh terhadap pemakaian APD pada saat bekerja, maupun pada saat memasuki area kerja. Adapun tujuan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut untuk memberikan informasi kepada pekerja akan pentingnya kepatuhan penggunaan APD dalam melakukan pekerjaan sehingga dapat bekerja dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan dan wawancara, upaya pengendalian ataupun solusi yang dapat dilakukan adalah memberikan pemantauan dan penyuluhan secara individu kepada pekerja. Target dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut yakni  setiap pekerja menyadari bahwa setiap pekerja memiliki peranan penting dalam mencapai zero accident meski sekecil apapun bentuk usaha yang mereka lakukan. Tingkat pengetahuan pekerja terkait dengan pentingnya pemakaian APD masih rendah. Masih banyak pekerja yang tidak patuh dalam penggunaan APD pada saat pekerja meskipun sudah mendapatkan penyuluhan tentang pentingnya penggunaan APD.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aritonang, masyitoh. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisiplinan Pekerja Proyek Underpass Titi Kuning Dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri DI PT Hutama Karya Kota Medan Tahun 2018.
Hartanto, D., & Siahaan, R. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Perilaku Pekerja Konstruksi Pada Proyek Jalan Tol Bogor Ringroad Seksi IIB. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, 1–11.
jenny, melda. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Perkebunan Sawit PT. Kedaton Mulia Primas Jambi Tahun 2017. 8487(1), 84–91.
Legi, J., Karame, V., & Tamahiwu, C. (2017). Hubungan Pendidikan Dan Masa Kerja Dengan Kepatuhan Perawat Melaksanakan SPO Pemasangan Infus Di Ruang Rawat Inap RSU Pancaran Kasih GMIM Manado. Journal of Community & Emergency, 5, 55–65.
MENAKER. (2010). Permenakertrans Nomor PER.08/MEN/VII/2010 Tentang Alat Pelindung Diri. 08.
pelatihan ahli k3 kontruksi. (2017). Pelatihan Ahli K3 Kontruksi.
PERMEN 01 tahun. (1980). Per.01/men/1980. Peraturan Mentri 01 Tahun 1980, 2(1), 1–22.
Prabawati, Z. (2018). Analisis Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Di Proyek Light Rail Transit Jakarta (LRTJ) PT. X Tahun 201