UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT TB (TUBERCULOSIS PARU) MELALUI MEDIA PROMOSI KESEHATAN DI DESA LUAHA IDANO PONO KECAMATAN PULAU-PULAU BATU BARAT KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Evawani M Silitonga Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat USM Indonesia
  • Netti Etalia br Brahmana Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat USM Indonesia
  • Mindo Tua Siagian Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat USM Indonesia
Keywords: Tuberkulosis, Pencegahan, Media Promkes

Abstract

TBC (Tuberkulosis) yang juga dikenal dengan TB merupakan penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosis.  TBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 3 minggu), biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah. Kuman TBC tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyerang tulang, usus, atau kelenjar. Penyakit ini ditularkan dari percikan ludah yang keluar penderita TBC, ketika berbicara, batuk, atau bersin. Penyakit ini lebih rentan terkena pada seseorang yang kekebalan tubuhnya rendah, misalnya penderita HIV Salah satu permasalahan kesehatan yang masih ada saat ini di Indonesia yaitu Tuberkulosis (TB paru). Tuberkulosis (TB paru) merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di dunia maupun di Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Indonesia saat ini berada pada ranking kelima negara dengan beban TB tertinggi didunia. Estimasi prevalensi TB semua kasus adalah sebesar 660,000 dan estimasi insidensi berjumlah 430,000 kasus baru per tahun. Jumlah kematian akibat TB diperkirakan 61,000 kematian per tahunnya. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk mengetahui Pengertian tentang Penyakit Tuberculosis. Pengaruh Tuberkulosis terhadap kesehatan, Faktor penyebab terjadinya penyakit Tuberkulosis, Dampak dari Penyakit Tuberculosis dan Upaya mengatasi penyakit Tuberkulosis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1362/4/BAB%20II.pdf (Diakses hari Kamis 18 Februari 2021)
Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 67 Tahun 2016 tentang penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta: Kemenkes RI; 2016. (Diakses hari Kamis 18 Februari 2021)
https://hellosehat.com/pernapasan/tbc/pengertian-tbc/#gref (Diakses hari Jumaat 19 Februari 2021)
Hiswani, 2009, Tuberkulosis merupakan Penyakit Infeksi Yang Masih Menjadi. Masalah. Kesehatan. Masyarakat. Available from: http://library. usu. ac. id/download/fkm-hiswani6. pdf 2009). Download on 12. Desember 2017 (Diakses hari Jumaat 19 Februari 2021)
file:///C:/Users/HP/Downloads/PENGARUH%20LINGKUNGAN%20FISIK%20TERHADAP%20KEJADIAN%20TB%20PARU.pdf (Diakses hari Jumaat 19 Februari 2021)
Yusuf Fadillah. (2005). Evaluasi pelaksanaan program penaggulangan penyakit tuberkulosis (P2TB) di puskesmas cmanggis kecamatan cimanggis depok.Skripsi UI Depok (Diakses hari Jumaat 19 Februari 2021)
Published
2021-09-11