PENATALAKSANAAN DIABETES SELF MANAGEMENT EDUCATION (DSME) PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2

Main Article Content

Agnes Silvina Marbun
Rinco Siregar
Siska Evi Martina
Salma Safitri
Bakhtiar Agus Ziliwu
Juliana Simanjuntak

Abstract

Diabetes mellitus (DM) yang biasa juga disebut dengan penyakit kencing manis dan merupakan penyakit tidak menular, hal ini terjadi oleh karena peningkatan kadar gula dalam darah. Prevalensi angka kejadian DM setiap tahunnya di Indonesia mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan penderita DM yang belum memahami cara mempertahankan dan menjaga kesehatannya, sehingga diperlukan penanganan secara klinis dengan prosedur yang tepat untuk mengurangi risiko multi faktorial hiperglikemia. Dalam hal ini untuk mendukung manajemen diri pasien dalam mempertahakan status kesehatannya dengan cara menerapkan metode Diabetes Self Management Education (DSME). Proses ini dimana penderita DM diberikan pengetahuan tentang pelaksanaan cara yang tepat dalam melakuakn perawatan secara mandiri sehingga dapat mempertahankan kontrol gula darah, mencegah komplikasi, dan meningkatkan kualitas hidup penderita DM. Kegiatan pengabdian masyarakat dihadiri oleh  25 orang peserta. Pemberian edukasi DSME sangat diterima oleh masyarakat dibuktikan dengan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan serta mampu menjelaskan semua yang berhubungan dengan DSME.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahdiah, Nurul & Arofiati. (2019). Metode- Metode Penyampaian Diabetes Self Management Education (DSME). 10(1).
Black, J. M., & Hawks, J. H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 Buku 2. Singapore: Elsevier.
Damayanti, S. (2017). Diabetes melitus dan penatalaksanaan keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Decroli, Eva. (2019). Diabetes Melitus Tipe 2. Padang: Pusat Penerbitan Bagian Ilmu Penyakit Dalam.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Pedoman Diabetes Melitus
Kurniawati, E. & Yunita, B (2016). Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diabetes Melitus Tipe II.Jurnal Majority.Vol. 5, No.2.
Marbun, AS. (2020). Hubungan Pelaksanaan Empat Pilar Dengan Kejadian Rehospitalisasi Pada Penderita Diabetes Melitus. Vol 8, No 1 (2020). Jurnal Kesehatan Surya Nusantara.8(1). 20-28. https://jurnal.suryanusantara.ac.id/index.php/jurkessutra/article/view/21
Marbun, AS. (2021). Pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) Berbasis Aplikasi Whatsapp Terhadap Self Efficacy Pada Pasien DM Tipe 2 Di Puskesmas Hamparan Perak. Vol 4 No. 2. Jurnal Mutiara Ners. http://114.7.97.221/index.php/NERS/article/view/2071
Padila (2012). Buku Ajar : Keperawatan Medikal Bedah. Yogyakarta : Nuha Medika
Puspita, Dyah Wiji. (2018). Buku Panduan Pelatihan Kader Kesehatan Kelompok Pendamping Diabetes Self Management Education Berbasis Keluarga (Kp- DSME Keluarga). Semarang: UNISSULA PRESS.
Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar.http://www.litbang.depkes.go.id/blriskesdas2018.