PARENTING “PERAN & STRATEGI ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DIMASA PANDEMI MELALUI DARING”

  • Niken Farida Program Studi Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Pani Ance Lumbantobing Prodi Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ruth Donda Eleonora Panggabean Prodi Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sari Mutiara Indonesia
Keywords: Parenting, Orangtua, dan Pendampingan belajar

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia juga sangat terasa di Indonesia. Hal ini berdampak pada seluruh aspek kehidupan, salah satunya adalah dunia pendidikan. Pemerintah memutuskan agar semua siswa dari jenjang PAUD sampai perguruan tinggi melakukan proses pembelajaran dari rumah yang mengakibatkan beban orang tua murid semakin bertambah ditengah pandemi  Covid-19. Dalam keadaan "new normal" tidak hanya guru tetapi orangtua juga dituntut berperan aktif melakukan pembelajaran di rumah. Pada kesempatan ini, untuk menjawab kebutuhan  terkait pembelajaran di tengah pandemi saat ini, penulis akan melakukan pengabdian masyarakat yang berjudul Parenting “Peran  & Strategi Orangtua Dalam  Pendampingan Belajar Anak Dimasa Pandemi Melalui Daring”  Program parenting ini ditujukan kepada orangtua/ wali murid TK Bunda Pertiwi Medan Deli dilaksanakan melalui daring menggunakan Zoom Meeting untuk meminimalisir kemungkinan penularan virus covid19. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam pembelajaran dalam pendampingan belajar anak dimasa pandemi. Hasil kegiatan parenting menunjukkan orangtua sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut serta menumbuhkan motivasi orangtua untuk mendampingi anak belajar selama masa pandemi sehingga dapat tercipta kerjasama guru dan orangtua dalam mendidik anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al Athfal, 3(1), 37–46.
Ardiawan, I. K. N. & Heriawan, I. G. T. (2020). Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi PMP Dalam Mendukung Pembelajaran Daring. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 95– 105.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif. v2i1.89
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81. https://doi.org/10.30736/jce. v4i2.25
Published
2021-09-06