PELATIHAN PROSEDUR PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN KLINIK PRATAMA PLATINUM

  • Renika Hasibuan Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rolita Christina Purba Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Budianto S Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia
Keywords: Klinik, Prosedur, Laporan Keuangan

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pengajaran dan penelitian. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Prodi Akuntansi merupakan kegiatan pengabdian dengan melakukan pelatihan prosedur penyusunan laporan keuangan di Klinik Pratama Platinum. Klinik Pratama Platinum telah melaksanakan pencatatan akuntansi dan data-data terkait kegiatan operasionalnya, namun masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki mengenai prosedur pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Klinik Pratama Platinum memiliki kendala pembuatan laporan keuangan berbasis SAK EMKM, dimana sistem akuntansi yang baku merupakan tuntutan kemajuan entitas yang mulai bekerjasama dengan badan pemerintahan. Kendala-kendala yang dihadapi adalah kurangnya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam menyusun laporan keuangan serta kurangnya waktu yang dapat difokuskan untuk dapat membuat laporan keuangan. Laporan keuangan berbasis SAK EMKM disusun dengan menggunakan bantuan microsoft excel. Dengan bantuan rumus dan formula yang ada didalam aplikasi tersebut dapat mempermudah untuk menghasilkan laporan keuangan dan laporan arus kas. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah ceramah dan latihan penyusunan laporan keuangan. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu mitra dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Hasil yang dicapai setelah melakukan penyuluhan yaitu peserta dapat memahami prosedur penyusunan laporan keuangan dan dibutuhkan waktu untuk pendampingan dan pelatihan lebih lanjut supaya lebih memahami implementasi praktik akuntansi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexander, Stanly W., Halim E M, dan Hendrik Gamael.2020.2020). Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik No.5 Pada Hotel Boulevard. Jurnal Riset Akuntansi, 15(3):496-503.
Carl S. Warren, dkk. 2015. Pengantar Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.
Felisian, dkk. 2019.Penyusunan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi bagi Klinik Pratama Pandu. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 4(1): 30-36
https://accurate.id/akuntansi/pengertian-laporan-keuangan-contoh-dan-fungsinya/
Ikatan Akuntansi Indonesia. 2018. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.
Nur, Rezta Alfira Firmadhani. 2017. Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Menengah (SAK-EMKM) Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Studi Kasus pada Konveksi Goods Project bandung. Jurnal Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi UNTAN (KLAFE). 26(2)
Published
2021-09-02