PENINGKATAN LITERASI MELALUI PENERAPAN DEAR DI PANTI ASUHAN RAHPIA SIMALINGKAR B MEDAN

  • Arman Bemby Sinaga Program Studi Kimia Fakultas Sain dan Teknologi Informasi
  • F. Ari Anggraini Sebayang Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Winny Sunfriska br Limbong Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan
Keywords: Literasi dan Drop Everything and Read (DEAR)

Abstract

Permasalahan rendahnya literasi masyarakat di Indonesia termasuk para pelajar yang masih berstatus remaja masih sangatlah memprihatinkan. Banyak kendala yang menjadi pemicu keadaan yang sudah akut ini. Selain kurangnya sarana dan prasarana untuk membaca di ditangah-tengah masyarakat, membaca juga belum menjadi minat dan belum pula menjadi budaya ditengah-tengah masyarakat. Melihat situasi ini, pengabdian masyarakat ini berjudul “Peningkatan Literasi Melalui Penerapan DEAR di Panti Asuhan Rahpia Simalingkar B Medan”. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan sosialisasi peningkatan literasi para remaja di panti asuhan Rahpia dengan menerapkan Drop Everything And Read (DEAR). Lokasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah di  di Panti Asuhan Rahpia yang ada di jalan Maju Raya No. 98 Simalingkar B Medan. Dengan Pengabdian kepada masyarakat ini, anak-anak dan remaja serta para pengasuh di Panti Asuhan Rahpia memdapat pemahaman dan semangat baru untuk meningkatkan literasi mereka dengan menerapakan DEAR ini secara teratur dan berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanggi, Olovia Herlina. 2016. Tiga Perubahan Kecil dalam Literasi Sekolah. Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Lembaga Ladang Kata. Yogyakarta.
Hernowo, ed. 2003. Quantum Reading: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca. Mizan Learning Center. Bandung.
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi
KEMDIKBUD. 2016. Manual Pendukung Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta
Septia, S. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything And Read ( DEAR) Pada Siswa Sekolah Dasar (MI), Al-Bidayah PGSD UNY. Yogyakarta.
Solihin L. et al, 2019, Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi, Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. 2014. Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11628
Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rocman. 2017. Scientific literacy of students learned through guided inquiry. International Journal of Research and Review, 4(5), 23-30.
USAID. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta.
Published
2021-09-02