EDUKASI DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Erdiana Gultom Program Studi Kimia, Fakultas Sains, Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Hestina Hestina Program Studi Kimia, Fakultas Sains, Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Riah UKur Ginting Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains, Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia
Keywords: Pelatihan, Hand Sanitizer, daun sirih

Abstract

Hingga saat ini pandemi covid-19 masih mewabah di tengah –tengah kehidupan kita. Sementara kehidupan kita harus terus berjalan seperti biasanya. Tidak selamanya kegiatan dan pekerjaan kita bisa dikerjakan di rumah karena proses kepentingan dan keterbatasan fasilitas di rumah. Untuk itu sesuai anjuran pemerintah kita dituntut untuk tiga hal yang harus kita patuhi bila berkegiatan di luar rumah, antaralain: selalu menggunakan masker, sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak. Salah satu upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh kita adalah dengan selalu mempersiapkan hand sanitizer dalam aktivitas sehari-hari. Permasalahannya apakah semua guru dan siswa telah memahami edukasi penggunaan  dan proses pembuatan hand sanitizer. Pemakaian handsanitizer berbasis alkohol lebih disukai daripada mencuci tangan menggunakan sabun dan air pada berbagai situasi di tempat pelayanan kesehatan. Selain lebih mudah digunakan hand sanitizer pada umumnya lebih efektif membunuh mikroorganisme dan lebih ditoleransi oleh tangan dibandingkan sabun dan air. Salah satu cara untuk memberikan solusi maka  Program Studi Kimia dan Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan mengadakan pengabdian masyarakat bagi guru di SMK Swasta Masehi untuk pelatihan pembuatan hand sanitizer secara mandiri. Kegiatan ini dapat memberikan pemahaman akan bahan – bahan kimia dan proses pembuatan hand sanitizer secara mandiri yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari dalam keluarga ataupun kebutuhan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, Lisa, dkk. (2020). Sosialisasi Media Sosial dan Pembuatan Hand sanitizer, Hand soap Dalam Rangka Ikut serta Menanggulangi COVID-19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat (JSTPM), Vol.1 No. 1 Page: 11 - 18.
Efendi, Adinda Permatasari Putri, Nur Sholikah, and Riva Ismawati. "Pembuatan hand sanitizer alami dengan memanfaatkan tumbuhan daun sirih di rw 04 desa setia mekar." ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) 1.1 (2020): 29-35.
Fathoni, Dhika Satriawan, Ilham Fadhillah, and Mujtahid Kaavessina. "Efektivitas Ekstrak Daun Sirih Sebagai Bahan Aktif Antibakteri Dalam Gel Hand Sanitizer Non-Alkohol." EQUILIBRIUM Journal of Chemical Enginering 3.1.
Hapsari, Dewita Nungki, Lilik Hendrarini, and Sri Muryani. "Manfaat Ekstrak Daun Sirih (Piper betle Linn) sebagai Han Sanitizer untuk Menurunkan Angka Kuman." Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan 7.2 (2015): 79-84.
Haryono, Agus. (2020). Membuat Hand Sanitizer Sederhana untuk Cegah Virus Corona. Serpong: Lipi.
Hermawan, Anang, W. Hana, and T. Wiwiek. "Pengaruh ekstrak daun sirih (piper betle l.) terhadap pertumbuhan staphylococcus aureus dan escherichia coli dengan metode difusi disk." Universitas Erlangga (2007).
Larassaty, Levi. (2020). Beredar Proses Pembuatan Hand Sanitizer Alami, Efektif Bunuh Kuman?, GridHealth.id.
Nuraini, Catur, et al. "EDUKASI PEMBUATAN HAND SANITIZER DIRUMAH YANG PRAKTIS DAN EKONOMIS OLEH MAHASISWA KKN BMC UNNES."
Published
2021-09-02